Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Niger Makin Tak Aman, Belgia Evakuasi 240 Orang Asal Eropa

Senin, 21 Agustus 2023 – 22:30 WIB
Niger Makin Tak Aman, Belgia Evakuasi 240 Orang Asal Eropa - JPNN.COM
Para anggota dewan militer yang melancarkan kudeta di Niger menghadiri rapat akbar di sebuah stadion di Niamey, ibu kota Niger, pada Agustus 2023. Foto: ANTARA/REUTERS/STRINGER

jpnn.com, BRUSSELS - Belgia telah mengevakuasi 130 orang lagi dari Niger, negara yang dilanda kudeta, demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Belgia Hajda Lahbib pada Minggu (20/8).

"Dalam beberapa hari terakhir ini, sekitar 130 warga negara Belgia, negara-negara Uni Eropa, serta orang-orang tertentu sudah dibawa pulang dari Niger," kata Lahbib melalui pernyataan.

Sebuah pesawat pengangkut A-400M milik Angkatan Udara Belgia telah melakukan penerbangan ulang-alik antara ibu kota Niger, Niamey, dan ibu kota Gabon, Libreville, sebelum mendarat di Pangkalan Udara Melsbroek dekat Brussel.

Secara keseluruhan, 240 warga negara Belgia dan negara-negara anggota Uni Eropa --yang ingin meninggalkan Niger-- sudah dievakuasi.

Presiden Niger Mohamed Bazooum digulingkan dari kursi kekuasaan pada 26 Juli melalui kudeta pimpinan Jenderal Abdourahamane Tchiani, yang adalah mantan komandan pasukan pengamanan presiden.

Delegasi dari Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) pada Sabtu (1981) bertemu dengan Bazoum di Niamey. Pertemuan itu merupakan langkah diplomatik terbaru untuk menangani krisis di negara itu.

Pekan lalu, ECOWAS memutuskan untuk menyiapkan pasukan guna menghadapi kemungkinan harus melakukan intervensi militer dalam upaya menegakkan mandat konstitusi di Niger.

Sementara itu, Jenderal Tchiani mengatakan peralihan kekuasaan tidak akan berlangsung lebih dari tiga tahun.

Presiden Niger Mohamed Bazooum digulingkan dari kursi kekuasaan pada 26 Juli melalui kudeta pimpinan Jenderal Abdourahamane Tchiani

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close