Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nih, Penjelasan Dokter Lukman soal Diabetes Mellitus, 2 Tipe

Senin, 05 Februari 2018 – 00:45 WIB
Nih, Penjelasan Dokter Lukman soal Diabetes Mellitus, 2 Tipe - JPNN.COM
Dokter Lukman Hatta. Foto: Kaltim Post/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Penyakit diabetes mellitus (DM) tidak hanya menyerang usia tua, tapi juga kaum muda dan anak-anak.

Diabetes mellitus tak dapat disembuhkan. Mereka hanya dapat berupaya menjaga kadar gula seumur hidup.
--
GAYA hidup yang kurang baik menjadi pemicu utama tumbuhnya jumlah penderita diabetes mellitus. Kian hari, fenomena penderita DM semakin muda.

Kondisi penderita diabetes mellitus jauh berbeda dari 10 tahun silam. Dulu, diabetes mellitus identik sebagai penyakit yang menyerang usia tua, setidaknya 35 tahun ke atas.

Kini pasien diabetes mellitus menyasar usia yang lebih muda. Khususnya kategori diabetes mellitus tipe 2, bisa ditemukan pasien dengan usia 18 tahun.

Bicara dari sisi medis, diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme gula darah karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup.

Kondisi tubuh penderita DM mengalami keterlambatan dalam memproduksi insulin. Ini akibat gangguan yang terjadi pada organ pankreas.

Sementara pada tubuh orang sehat, ketika makanan masuk, pankreas memberi respons dengan mengeluarkan insulin tersebut. Padahal, insulin bekerja untuk menurunkan gula darah.

“Kita bisa hidup normal karena insulin bekerja dengan baik, jadi ketika gula darah naik, otomatis insulin bekerja. Sedangkan kondisi ini tidak berlaku bagi penderita diabetes,” kata dokter spesialis penyakit dalam Lukman Hatta.

Diabetes mellitus tidak dapat disembuhkan. Penderita hanya bisa berupaya menjaga kadar gula seumur hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close