Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nikaragua Khianati Taiwan, China: Ini Tren Global

Sabtu, 11 Desember 2021 – 14:20 WIB
Nikaragua Khianati Taiwan, China: Ini Tren Global - JPNN.COM
Arsip - Seorang pria mengecek ponselnya sambil berjalan melewati spanduk mempromosikan Presiden Nikaragua Daniel Ortega dan Wakil Presiden Rosario Murillo, saat kampanye pemilihan presiden dimulai, di Managua, Nikaragua, Sabtu (25/9/2021). Foto: REUTERS/Maynor Valenzuela/HP/djo

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah China menilai keputusan Nikaragua untuk kembali menjalin hubungan diplomatik dengan negara berpenduduk terbanyak di dunia itu sudah tepat sehingga layak mendapatkan apresiasi.

Ini pilihan yang tepat karena sejalan dengan tren global yang didukung oleh masyarakat. China sangat mengapresiasi keputusan ini, demikian pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri China (MFA) yang diterima ANTARA di Beijing, Jumat pagi.

Para delegasi China dan Nikaragua menggelar pertemuan dan menandatangani komunike bersama di Kota Tianjin untuk mengumumkan dimulainya kembali hubungan diplomatik.

Sebelumnya negara di kawasan Amerika Tengah itu mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Kedua pemerintahan telah memutuskan adanya saling pengakuan dan dimulainya kembali hubungan diplomatik di tingkat kedutaan yang berlaku efektif sejak penandatanganan komunike bersama, demikian MFA

Bagi China, Nikaragua merupakan negara penting di Amerika Tengah.

Nikaragua pada akhirnya mengakui dan berkomitmen mematuhi prinsip Satu China sehingga untuk selanjutnya tidak lagi melakukan pertukaran atau hubungan secara resmi dengan Taiwan.

China akan bekerja sama dengan Nikaragua di berbagai sektor untuk kepentingan bersama dan saling menguntungkan masyarakat di kedua negara.

China menyambut secara gegap gempita keputusan Nikaragua membuang hubungan diplomatiknya dengan Taiwan ke tong sampah

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close