Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nol Covid-19 China Makin Lembek, Begini Kabar Terbarunya

Selasa, 13 Desember 2022 – 23:11 WIB
Nol Covid-19 China Makin Lembek, Begini Kabar Terbarunya - JPNN.COM
Arsip - Massa memadati tempat tes PCR di pinggir jalan di Distrik Chaoyang, Kota Beijing, China, Sabtu (3/12) sore, hingga menimbulkan antrean panjang. Situasi tersebut terjadi setelah otoritas kesehatan setempat memangkas masa berlaku hasil tes negatif COVID-19 dari 72 jam menjadi 48 jam tanpa menambah jumlah petugas pengambilan sampel sehingga sejumlah tempat tes PCR di setiap kompleks permukiman warga banyak yang tutup. Foto: ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, BEIJING - Otoritas China menghapus kewajiban memperlihatkan kode riwayat perjalanan domestik pada Selasa seiring dengan pelonggaran berbagai kebijakan antipandemi COVID-19.

Dengan kebijakan baru tersebut, warga tidak lagi diwajibkan memindai kode QR dengan ponsel, yang menunjukkan status kesehatan dan riwayat perjalanan domestik selama 14 hari terakhir, ketika hendak memasuki area atau wilayah tertentu yang berlaku secara nasional.

Sebelumnya, pemerintah China telah mengeluarkan 10 kebijakan baru antipandemi COVID-19, termasuk penghapusan kewajiban tes PCR harian dan penerapan kode kesehatan.

Kebijakan-kebijakan baru tersebut diperkirakan dapat meningkatkan lonjakan arus mudik menjelang liburan Tahun Baru Imlek.

Platform penjualan tiket daring Qunar pada Senin (12/12) memprediksi perjalanan mudik melalui jalur udara pada Imlek 2023 bakal mencapai 80 persen kondisi sebelum pandemi.

Menurut Statista, selama liburan Imlek 2019 China mencatat sekitar 421 juta pelaku perjalanan. Angka itu anjlok menjadi sekitar 151 juta pada 2020 dan 98,4 juta pada 2021.

China sudah melakukan berbagai persiapan lonjakan arus mudik selama libur Imlek yang akan jatuh pada 22 Januari 2023. (ant/dil/jpnn)

Pemerintah China kembali menghapus sejumlah pembatasan yang sebelumnya diberlakukan sebagai bagian dari kebijakan nol Covid-19 negara itu

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close