Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nol Karbon & KPH Wilayah III Aceh Berkolaborasi, Siap Restorasi Hutan Mangrove

Jumat, 15 Maret 2024 – 00:31 WIB
Nol Karbon & KPH Wilayah III Aceh Berkolaborasi, Siap Restorasi Hutan Mangrove - JPNN.COM
Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah III Aceh dan Nol Karbon berkolaborasi untuk merestorasi kawasan hutan mangrove. Ilustrasi Foto: Natalia/JPNN

jpnn.com, ACEH - Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah III Aceh dan Nol Karbon melakukan kolaborasi dengan mengadakan program blue carbon.

Program itu dilakukan untuk merestorasi kawasan hutan mangrove yang terdegradasi di Langsa, Aceh Timur.

Hutan mangrove di pesisir Aceh terus menyusut akibat perubahan dan konversi lahan menjadi kering, tambak udang, dan penebangan liar.

Menurut data dari Peta Mangrove Satu Peta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), luas area mangrove di Provinsi Aceh mencapai 33.054,17 Ha, dengan 3.700,95 Ha dalam kondisi kritis.

Fokus kerja sama itu untuk menciptakan skema pembiayaan yang terintegrasi untuk restorasi konservasi mangrove, pemantauan jangka panjang, dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat lokal.

"Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat dukungan dalam restorasi kawasan hutan mangrove," ujar Kepala UPTD KPH Wilayah III Aceh, Fajri SP MM dalam siaran persnya, Kamis (14/3).

Dia menambahkan dengan keterbatasan dana anggaran dari pemerintah pusat, KPH Wilayah III Aceh akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kawasan dalam wilayah kerja.

"Melalui kerja sama dengan Nol Karbon, kami bisa membuat pengelolaan ekosistem mangrove yang lebih hijau, lebih tangguh, dan inklusif," tuturnya.

Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah III Aceh dan Nol Karbon berkolaborasi untuk merestorasi kawasan hutan mangrove.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close