Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

NU Harus Berubah

Minggu, 19 Juni 2011 – 05:26 WIB
NU Harus Berubah - JPNN.COM
SURABAYA -- Rahasia kekuatan Nahdatul Ulama (NU) ada pada Ideologi, jaringan, dan kaderiasi. Hal tersebut terungkap dalam Sarasehan Intelektual Muda NU di kampus IAIN Sunan Ampel kemarin (18/6). Sarasehan tersebut dihelat dalam rangkaian peringatan seabad kelahiran KH.Abdul Wahid Hasyim, putra pendiri NU KH. Hasyim Asyari.

Dalam sarasehan tersebut, tampil beberapa tokoh muda NU. Seperti Zuhairi Misrawi, Irfan Asy"ari Wahid, Ahmad Baso, Jadul Maula, dan Yusuf Khudlori. Mereka mengemukakan pikiranya masing-masing tentang NU dan masa depannya. Selain mereka, hadir pula beberapa putra Wahid hasyim, seperti Salahuddin Wahid, Lili Chodidjah Wahid, dan Aisyah Hamid Baidlowi.

Salahuddin Wahid didapuk menjadi keynote speaker. Adik mantan presiden RI alm. Gus Dur itu tak berbicara banyak dalam forum. Dia menyatakan, saat ini NU benar-benar menjadi mainan politik. Semua partai politik berusaha mendekati NU, terutama menjelang pemilu.

Padahal, populasi jamaah NU saat ini tidak sampai 50 persen dari jumlah pemilih. "Jadi, langkah partai mendekati NU untuk kepentingan politik itu kurang cerdas," ujarnya. Yang terpenting saat ini, lanjut Salahuddin, adalah bagaimana mengembalikan NU menjadi ormas seperti awal berdirinya dahulu. "Sebab, paradigma NU saat ini masih terfokus pada politik," terangnya.

SURABAYA -- Rahasia kekuatan Nahdatul Ulama (NU) ada pada Ideologi, jaringan, dan kaderiasi. Hal tersebut terungkap dalam Sarasehan Intelektual Muda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close