Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Nyaman Berjalan dengan Kaki Buatan

Sabtu, 14 Juni 2008 – 15:53 WIB
Nyaman Berjalan dengan Kaki Buatan - JPNN.COM
KEHILANGAN bagian tubuh bisa menjadi pukulan berat bagi seseorang. Apalagi, itu organ vital seperti kaki. Namun, kehidupan harus terus berjalan. Kaki buatan pun jadi alternatif meski terkadang kurang nyaman dipakai. Tapi, perkembangan teknologi terus melahirkan inovasi baru. Jerome Rifkin, seorang warga Amerika Serikat, berhasil membuat K3 Promoter.

K3 Promoter adalah prototipe kaki prostetik yang mirip organ asli. Rifkin menguji temuannya pada Gordon Link. Dia adalah penderita diabetes hingga kakinya terpaksa harus diamputasi. Link tidak ingin bisa berlari atau memanjat gunung. "Saya ingin bisa berjalan tanpa terlihat seperti orang mabuk," ungkap Link.

Dengan demikian, dia mencoba kaki buatan Rifkin yang berbahan magnesium. Bentuknya kuat, namun ringan. Link terkejut karena terasa alami dan mampu berjalan di permukaan tanah yang tidak rata.

K3 Promoter memadukan cara melangkah alami dengan mekanisme prostetik yang murah. Kaki buatan itu punya tumit, kaki depan, jempol besar, dan tanpa sendi di pergelangan.

KEHILANGAN bagian tubuh bisa menjadi pukulan berat bagi seseorang. Apalagi, itu organ vital seperti kaki. Namun, kehidupan harus terus berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA