Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Obama Janji Temui Dalai Lama

Kamis, 08 Oktober 2009 – 06:52 WIB
Obama Janji Temui Dalai Lama - JPNN.COM
Foto : REUTERS
WASHINGTON - Menuai banyak kritik karena menjadi presiden Amerika Serikat (AS) pertama yang tidak menemui Dalai Lama dalam kunjungannya ke Washington, Barack Obama ambil sikap. Selasa (6/10) waktu setempat, pemimpin 48 tahun itu mengungkapkan janjinya untuk menemui tokoh spiuritual Tibet itu dalam waktu dekat.

   

"Kami sudah bertemu Dalai Lama dan stafnya. Kami sepakat mengagendakan pertemuan dengan presiden (Obama) dalam kesempatan lain tahun ini," terang Jubir Gedung Putih Robert Gibbs dalam jumpa pers, seperti dikutip Agence France-Presse, Rabu (7/10). Dalam kesempatan itu dia membantah keras isu yang menyebut Obama tunduk kepada pemerintah Tiongkok terkait keputusannya tidak bertemu Dalai Lama.

    

Gibbs menegaskan bahwa Washington menaruh kepedulian yang sama terhadap Tiongkok dan Tibet. Hanya saja, lanjut dia, Obama tidak ingin memantik perseteruan dengan Beijing menjelang lawatan pertamanya sebagai presiden November mendatang. Karena itu, presiden kulit hitam pertama Negeri Paman Sam tersebut memilih untuk menunda pertemuannya dengan Dalai Lama.

   

"Juru Runding Dalai Lama, Lodi Gyari, sudah menyepakati kebijakan Obama ini," imbuh Gibbs. Sebab, menurut dia, hubungan baik AS dan Tiongkok pun akan memberikan keuntungan untuk masyarakat Tibet. Termasuk, Dalai Lama. Padahal, belakangan, hubungan dua negara yang saling bersaing dalam bidang militer dan ekonomi itu sedang membaik.   

   

WASHINGTON - Menuai banyak kritik karena menjadi presiden Amerika Serikat (AS) pertama yang tidak menemui Dalai Lama dalam kunjungannya ke Washington,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close