Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Obama Minta Pendeta Kontroversi Baca Doa

Sabtu, 20 Desember 2008 – 09:36 WIB
Obama Minta Pendeta Kontroversi Baca Doa - JPNN.COM
SAN FRANCISCO - Pelantikan Barack Hussein Obama sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) pada 20 Januari mendatang bakal diwarnai kontroversi. Salah satunya, pengganti George W. Bush itu justru mempercayakan bacaan doa kepada pendeta konvensional yang belakangan menjadi buah bibir karena menentang pernikahan sejenis.

Kemarin (19/12) Reuters melaporkan bahwa Obama telah menunjuk pendeta kolot Rick Warren sebagai pembaca doa di malam pelantikannya. Sejumlah pihak khawatir, penunjukan pendeta antipernikahan sejenis itu akan memberikan citra buruk pada pemerintahan pemimpin 47 tahun tersebut. Mereka cemas pemerintahan baru Obama bakal dicap inklusif. Bukan hanya oleh masyarakat AS, tapi juga dunia internasional.

Namun, kekhawatiran tersebut sama sekali tidak mempengaruhi Obama. Presiden kulit hitam pertama AS itu mengaku sadar bahwa pilihannya akan memunculkan kontroversi dalam masyarakat. "Sepanjang masa persiapan pelantikan, akan muncul berbagai pandangan berbeda. Dan, memang itulah yang seharusnya terjadi. Sebab, di situlah inti masyarakat Amerika," tandasnya.

Obama sengaja memilih pendeta evangelical megagereja Saddleback dari California Selatan itu karena perjuangannya mengentaskan kemiskinan dan penyakit. Warren terbilang sukses menekan angka penderita AIDS/HIV di Afrika. Itulah yang dianggap sebagai prestasi oleh Obama. Meski, di sisi lain dia banyak dikecam aktivis gay AS karena menganjurkan jemaatnya menentang pernikahan sejenis.

SAN FRANCISCO - Pelantikan Barack Hussein Obama sebagai presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) pada 20 Januari mendatang bakal diwarnai kontroversi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close