Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OK OCE Dulu dan Sekarang, Anies-Sandi Ingkar Janji?

Jumat, 15 Desember 2017 – 17:12 WIB
OK OCE Dulu dan Sekarang, Anies-Sandi Ingkar Janji? - JPNN.COM
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tengah menjadi sorotan karena mengaku tidak pernah menjanjikan modal untuk calon wirausahawan melalui program OK OCE. Pernyataan tersebut dinilai kontradiktif dengan apa yang dijualnya ke warga Jakarta pada masa kampanye Pilkada DKI 2017 lalu.

Ditemui di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/12), Sandi mengatakan bahwa sejak awal tidak ada janji pemberian modal. Menurutnya, OK OCE hanya mempertemukan calon wirausahawan dengan penyedia jasa permodalan.

"Yang berkapasitas memberikan permodalan adalah industri perbankan, industri pembiayaan baik yang konvensional maupun syariah. Jadi sudah jelas dari awal," tegas dia.

Lalu, apakah berbeda pernyataan Sandi tersebut dengan janjinya saat kampanye? Penelusuran JPNN, Sandi pernah membeberkan konsep OK OCE di depan 300 orang pemilih muda di wilayah Jakarta Barat pada 14 Desember 2016 silam. Ketika itu Pilkada DKI 2017 masih di tahap kampanye putaran pertama.

Pada kesempatan itu, Sandi mengatakan, program One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE) yang dibawanya akan bisa menuntaskan lapangan kerja dan pengangguran. Setiap kecamatan akan ada pusat pelatihan dan pendidikan yang akan menghasilkan 4.000-5.000 wirausaha baru yang akan bisa merekrut banyak tenaga kerja.

"Orang tidak akan ngantri cari kerja, tapi kerja itu akan datang dengan sendirinya. Dengan program OK OCE, kita akan berikan pelatihan, berikan pendidikan, berikan pendampingan. Kita hadirkan lapangan kerja untuk warga Jakarta. Saya bermimpi dari sini, kalian akan menjadi entrepreneur yang sukses," kata Sandi yang kemudian disambut tepuk tangan meriah.

Namun, saat debat kandidat putaran pertama, Jumat (13/1), Sandi mengatakan terkait OK OCE, "Kita permudah lahan usaha dengan garasi inovasi. Kita juga akan permudah kredit usaha hingga Rp 300 juta. Kita juga akan beri pendampingan melalui mentorship."

Lalu di debat kandidat putaran kedua dia menjanjikan kredit khusus bagi kaum hawa untuk memulai wirausaha. Dengan pinjaman modal tanpa jaminan itu, Sandiaga yakin akan lahir pengusaha-pengusaha perempuan baru di Jakarta.

Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengklaim tidak pernah menjanjikan modal bagi peserta program OK OCE. Apakah pernyataan itu sesuai dengan janjinya di masa kampanye?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close