Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Olahraga Bermanfaat Saat Puasa, Begini Penjelasannya

Selasa, 20 April 2021 – 21:15 WIB
Olahraga Bermanfaat Saat Puasa, Begini Penjelasannya - JPNN.COM
Warga berolahraga. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/NZ

jpnn.com, JAKARTA - Olahraga saat puasa rupanya memiliki banyak manfaat. Hal tersebut disampaikan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Bambang Purwanto. 

Dia menyebut salah satu manfaat olahraga saat puasa ialah meningkatkan imunitas tubuh. Hal itu sangat bagus dalam memerangi Covid-19. 

Menurut Bambang menjalankan puasa dan salat tarawih sebagai aktivitas fisik rutin 30 hari dipastikan imun naik. 

"Imun yang kuat jadi pertahanan yang penting. Kuncinya ada di pengaturan keseimbangan energi dan aktivitas," ujar dia, Selasa (20/4). 

Bambang mengatakan olahraga ketika puasa juga dapat mengembalikan keseimbangan metabolisme hingga merawat kesehatan reproduksi.

Selain itu, bisa menguatkan jantung dan mengembalikan stabilitas tekanan darah. 

"Tentunya diperlukan persiapan yang baik sebelum melakukan aktivitas fisik selama puasa Ramadan, di antaranya memerhatikan jumlah asupan nutrisi dan jenis olahraga yang dilakukan," jelas dia. 

Asupan nutrisi, sambung Bambang, polanya dapat diatur sebelum olahraga.

Apabila seseorang berniat olahraga besok, maka malam harinya bisa menambah jumlah asupan makannya. 

Perlu diingat, jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh selama puasa relatif turun sehingga ketersediaan energi tubuh lebih rendah. 

Selain itu, pola konsumsi makanan selama puasa juga berubah. Meski perubahan tersebut sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, aktivitas fisik perlu disesuaikan dengan ketersediaan energi. 

"Sebaiknya dioptimalkan pada aktivitas-aktivitas yang penting, seperti bekerja atau belajar. Tidak melakukan aktivitas olahraga yang terlampau berat," tutur dia. 

"Ketika ingin berolahraga, lihat dulu kondisinya, mampu atau tidak. Kalau terbiasa main futsal 1 jam, selama puasa bisa dikurangi jadi 30 menit," pungkas Bambang. (mcr12/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Menurut Bambang menjalankan puasa dan salat tarawih, ditambah aktivitas fisik rutin 30 hari dipastikan sangat baik buat tubuh

Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close