Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Oman Tolak Pembentukan Atase RI

Senin, 06 Desember 2010 – 17:25 WIB
Oman Tolak Pembentukan Atase RI - JPNN.COM
JAKARTA - Usulan pembentukan atase di Jepang dan Oman ditolak. Alasannya, karena Indonesia tidak menempatkan perwakilan di Oman, sementara di Jepang masih dalam proses. Meski tenaga kerja Indonesia (TKI) menyebar di puluhan negara, namun Indonesia baru memiliki 10 atase.

Sekjen Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), Besar Setyoko, mengatakan, 10 atase ketenagakerjaan itu ada di Malaysia, Hongkong, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Kuwait, Korea Selatan, Singapura, Qatar, dan satu kepala bidang ketenagakerjaan di Taiwan.

"Usulan Kemenakertrans agar dibentuk atase di Oman, ditolak. Negara itu belum mau memberikan persetujuan karena Indonesia belum memiliki perwakilan di Oman," kata Besar dalam seminar Kelembagaan dan Atase Kemenakertrans, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (6/12).

Besar mengatakan, idealnya penempatan atase perlu dilakukan di setiap negara yang mempekerjakan lebih dari 200 TKI. Selain untuk perlindungan tenaga kerja, atase juga diperlukan untuk membuka pasar kerja dengan system market intelligence, agar atase dapat bekerja sama dengan fungsi konsuler, ekonomi, dan fungsi politik di negara penempatan.

JAKARTA - Usulan pembentukan atase di Jepang dan Oman ditolak. Alasannya, karena Indonesia tidak menempatkan perwakilan di Oman, sementara di Jepang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close