Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OMG Jakarta Berikan Bantuan Lahan untuk Puluhan Petani di Duren Sawit

Minggu, 13 November 2022 – 03:23 WIB
OMG Jakarta Berikan Bantuan Lahan untuk Puluhan Petani di Duren Sawit - JPNN.COM
Sukarelawan OMG DKI Jakarta saat memetik hasil pertanian di Duren Sawit, Jakarta Timur. Dok: OMG DKI Jakarta.

jpnn.com, DUREN SAWIT - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta memberikan bantuan lahan pertanian dalam bentuk green house untuk puluhan petani kota di Kampung Sumur, Duret Sawit, Jakarta Timur pada Sabtu (12/11).

Koordinator Wilayah OMG DKI Jakarta Abel Thoriq mengatakan lahan seluas 132 meter persegi tersebut diberikan untuk petani kecil yang mayoritas juga bekerja sebagai pemulung di Jakarta.

Nantinya, lahan tersebut dapat dimanfaatkan para petani untuk menanam berbagai jenis tanaman sayuran maupun buah-buahan.

"Memberdayaan petani kota diharapkan mampu menjawab tantangan krisis pangan khususnya di daerah perkotaan, khususnya di DKI Jakarta," ujar Abel dalam siaran persnya, Sabtu (12/11).

Selain penyerahan lahan, sukarelawan OMG DKI Jakarta juga menggelar aksi sosial dengan membagikan hasil panen petani yang sudah mereka beli, ke masyarakat sekitar di Duret Sawit. Sedikitnya 700 paket sayuran dibagikan oleh para sukarelawan.

Bukan hanya untuk membantu para petani di Jakarta, Abel menyebut kegiatan tersebut juga untuk mengampanyekan pertanian yang bebas pestisida. Sebab, operasional pertanian di green house yang diberikan para sukarelawan OMG akan terbebas dari pestisida. Sehingga panen yang dihasilkan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

"Hasil pertanian nantinya juga sebagian kami bagikan kepada masyarakat sekitar. Kami harap kegiatan pemberdayaan petani ini juga ada di kota-kota lain, selain di Jakarta," sebut dia.

Abel menjelaskan kegiatan yang dilakukan para sukarelawan itu merupakan representasi dari sosok yang mereka kagumi, yakni Ganjar Pranowo. Dia menyebut Ganjar sebagai merupakan pemimpin yang sangat peduli pada sektor pertanian.

Sukarelawan OMG DKI Jakarta memberikan bantuan berupa lahan pertanian untuk para petani di Duren Sawit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close