Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Omicron Bikin Panik, kok Spanyol Malah Hapus Aturan Wajib Masker?

Jumat, 04 Februari 2022 – 23:25 WIB
Omicron Bikin Panik, kok Spanyol Malah Hapus Aturan Wajib Masker? - JPNN.COM
Perdana Menteri Pedro Sanchez (kiri) dan Menteri Ekonomi Spanyol Nadia Calvino terlihat memberikan tanggapan selama sesi parlemen di Madrid, Spanyol, Kamis (3/2/2022). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Juan Medina/WSJ/sad.

jpnn.com, MADRID - Pemerintah Spanyol akan menghapus aturan kewajiban pemakaian masker di luar ruangan mulai 10 Februari, kata Menteri Kesehatan Carolina Darias, Jumat.

Pemakaian masker kembali diwajibkan pada akhir Desember tahun lalu untuk membatasi penyebaran varian Omicron.

Kabinet berencana menyetujui perubahan tersebut saat rapat mingguan yang dijadwalkan pada Selasa (8/2) dan keputusan itu akan mulai diberlakukan dua hari kemudian, Darias mengungkapkan kepada stasiun radio La SER.

Pemerintah "selalu menegaskan aturan itu hanya akan berlangsung selagi sangat diperlukan," katanya.

Karena selama beberapa hari tingkat penularan menurun, pemerintah menganggap situasinya telah berubah, ucapnya.

Selama dua pekan terakhir, tingkat penularan COVID-19 selama 14 hari terus melandai menjadi 2.421 kasus per 100.000 orang pada Kamis (3/2). Angka itu turun dari hampir 3.400 pada awal Januari.

Kendati antara November sampai Januari terjadi lonjakan kasus akibat penyebaran Omicron, angka pasien baru rawat inap dan kematian COVID masih jauh di bawah angka pada gelombang pandemi sebelumnya. Kondisi itu sebagian besar dicapai berkat tingkat vaksinasi Spanyol yang tinggi.

Jumlah keseluruhan korban meninggal karena COVID-19 di Spanyol mencapai 94.040 orang dan jumlah kasus mencapai 10,2 juta.

Saat penyebaran varian Omicron masih jadi momok menakutkan di beberapa negara, Spanyol memutuskan untuk mengakhiri aturan wajib masker

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close