Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Optimalkan PLTMG Waymon, PLN Hemat Rp 160 Juta Per Hari

Minggu, 05 April 2015 – 19:28 WIB
Optimalkan PLTMG Waymon, PLN Hemat Rp 160 Juta Per Hari - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - PT PLN Area Sorong berhasil mengevakuasi daya dari power generator pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Waymon ke lokasi pusat listrik tenaga diesel (PLTD) Klasaman Sorong, sebesar 10 mega watt (MW).

PLTMG Waymon adalah milik PT Waymon Energi, salah satu dari 3 excess power yang ada di wilayah kerja PLN Area Sorong.

Dengan pertumbuhan ekonomi kota dan Kabupaten Sorong, maka Papua Barat akan semakin berkembang seiring meningkatnya keandalan pasokan listrik ke wilayah tersebut.

"Masuknya tambahan daya 10 MW dari PLTMG Waymon, membuat PLTD Klasaman 4 MW dihentikan sejak 31 Maret 2015. Pengurangan ini tidak berpengaruh dalam pelayanan publik, karena sehari setelahnya suplai daya sebesar 10 MW dari PLTMG dimulai," ujar Manajer PLN Area Sorong, Handoko dalam siaran persnya, Minggu (5/4).
 
Pengalihan secara bertahap dari bahan bakar solar ke gas ini, kata Handoko, sangat menghemat biaya operasional PLN.

“Dengan pengoperasian PLTMG ini, PLN dapat menghemat BBM 20 ribu liter per hari atau 600 ribu liter per bulan. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 160 juta per hari,” katanya.

Ke depan, lanjut dia, mesin pembangkit yang digunakan diharapkan akan berganti dari diesel ke gas dengan memanfaatkan sumber daya alam gas Sorong sendiri. (chi/jpnn)

JAKARTA - PT PLN Area Sorong berhasil mengevakuasi daya dari power generator pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Waymon ke lokasi pusat listrik

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close