Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Optimisme Pak Jokowi soal Ekonomi RI di Depan Dewan Bisnis AS-ASEAN

Kamis, 05 Desember 2019 – 17:57 WIB
Optimisme Pak Jokowi soal Ekonomi RI di Depan Dewan Bisnis AS-ASEAN - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan CEO US-ASEAN Business Council Alexander Feldman di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (5/12). Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan delegasi Dewan Bisnis Amerika Serikat - ASEAN (US-ASEAN Business Council) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/12). Delegasi berjumlah 48 orang itu dipimpin oleh Alexander Feldman selaku president & CEO US-ASEAN Business Council.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan peluang emas untuk bertukar pandangan secara terbuka tentang kerja sama antara Indonesia, ASEAN dan AS. Presiden Ketujuh RI itu menuturkan, angka pertumbuhan ekonomi rata-rata di ASEAN berada di kisaran 5,1 persen.

Menurut Jokowi, angka itu jauh di atas rata-rata angka pertumbuhan ekonomi global. Selain itu, Jokowi juga membeber pertumbuhan ekonomi Indonesia selama lima tahun terahir yang berada di atas 5 persen.

"Indonesia dan ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan. Kami terbuka untuk kerja sama dengan negara mana pun untuk kepentingan yang saling menguntungkan," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Menurut Jokowi, dalam situasi saat ini kehadiran AS di negara-negara ASEAN dalam politik maupun ekonomi tidak bisa dihindari. Kehadiran AS tersebut tidak hanya akan menguntungkan Negeri Paman Sam itu dan ASEAN, tetapi juga stabilitas, perdamaian dan kemakmuran di Indo-Pasifik.

"Saya perhatikan hubungan antara Indonesia dan AS cukup kuat, termasuk dalam kerja sama ekonomi. AS adalah mitra dagang terbesar keempat di Indonesia," katanya.

Presiden Jokowi menjelaskan, Indonesia dan AS bersepakat meningkatkan volume perdagangan sebesar USD 60 miliar pada 2024. Jokowi pun berharap para pelaku bisnis dari AS bisa mengoptimalkan peluang untuk mempromosikan kerja sama itu.

"Saya berharap bisnis AS dapat mengoptimalkan peluang untuk mempromosikan kerja sama, terutama di bidang infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia," tandasnya.

Presiden Jokowi menyatakan, angka pertumbuhan ekonomi rata-rata di ASEAN berada di kisaran 5,1 persen atau di atas rerata dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close