Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Batak Selalu Pegang Teguh Adat dalam Kerangka NKRI

Senin, 23 Juli 2018 – 19:18 WIB
Orang Batak Selalu Pegang Teguh Adat dalam Kerangka NKRI - JPNN.COM
Acara Halal Bi Halal (HBH) Parsadaan Siregar, Boru Dohot Babere (PSBB) di Sekolah Islam Modern Al Jannah, Cibubur. Foto: istimewa for JPNN.com

jpnn.com, CIBUBUR - Acara Halal Bi Halal (HBH) Parsadaan Siregar, Boru Dohot Babere (PSBB) di Sekolah Islam Modern Al Jannah, Cibubur, berlangsung meriah.

Acara ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan kangen-kangenan bagi masyarakat dari beragam marga yang berasal dari wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), yang tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sekitar 1.500 orang dari Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi, berbaur menjadi satu kesatuan dalam ber Halal bi Halal yang digelar Minggu (22/7). Ada juga beberapa keluarga yang datang dari Lampung, Bandung, Padangsidimpuan, dan Medan.

Acara bertemakan "Marluhut Pasada Roha Pasambu Lungun Marga Siregar, Boru Dohot Baberena" ini diisi dengan Tortor Raja Raja, Tortor Inanta Soripada, Tortor Naposo Nauli Bulung, Tarian Kreasi Anak Muda Siregar, dan hiburan lainnya.

Acara yang berlangsung khidmat, meriah, penuh keakraban dan nuansa silaturahim ini tergambar semangat kebersamaan sebagai suku Batak Angkola, Mandailing yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

“Dengan berkumpul seperti ini, dari kami masyarakat Tabagsel, Sumut, jelas terlihat semangat ingin menunjukkan bahwa kami adalah orang Batak yang selalu memegang teguh nilai-nilai adat istiadat, budaya dalam kerangka kesatuan Republik Indonesia,” kata Presiden Parsadaan Siregar Dunia, M. Yusuf Siregar di sela-sela acara.

Hadir dalam acara HBH yang dipandu MC Tulang Togu dan Maryam Siregar ini tokoh-tokoh Tabagsel dari beragam marga seperti, mantan Kepala BIN RI Letjen (Purn) Syamsir Siregar, mantan Sekjen Departemen Keuangan Dr. Mulya Nasution, Mayjen (Purn) Riswandi Siregar, Brigjen Pol (Purn) Djaffar Siregar, Dr. Mulia Effendi Siregar, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain Siregar, Mayjend (Purn) Dahler Hasibuan, Ir. Muslimin Siregar MM, Hamsir Siregar, dan masih banyak lagi.

Kepala Humas HBH PSBB, Kahfi Siregar, menambahkan, selain dihadiri masyarakat bermarga Siregar, HBH ini dihadiri saudara-saudara asal Tabagsel bermarga Harahap, Pohan, Nasution, Lubis, Daulay, Hasibuan, Pulungan, Dalimunthe, Rangkuti, dan lain-lain.

Parsadaan Siregar, Boru Dohot Babere (PSBB) menggelar hal bihalal di Sekolah Islam Modern Al Jannah, Cibubur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close