Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Kaya Membawa Virus Corona ke Brasil, Kini Jutaan Warga Terinfeksi

Sabtu, 20 Juni 2020 – 15:55 WIB
Orang Kaya Membawa Virus Corona ke Brasil, Kini Jutaan Warga Terinfeksi - JPNN.COM
Para pria membawa kotak untuk dipasangkan ke peti jenazah di pemakaman Kota Sao Pedro, di tengah penyebaran penyakit virus Corona di Sao Paulo, Brasil, Kamis (14/5). Foto: ANTARA/REUTERS

jpnn.com, BRASILIA - Jumlah kasus virus corona di Brasil telah melewati satu juta pada Jumat (19/6). Dengan korban meninggal mendekati 50.000 jiwa, Brasil menempati posisi kedua sebagai negara yang terparah dilanda corona setelah Amerika Serikat.

Brasil mengonfirmasi pertama kali virus corona yang menginfeksi warganya pada 26 Februari. Virus itu menyebar terus hingga mengikis dukungan terhadap Presiden Jair Bolsonaro dan meningkatkan kekhawatiran atas keruntuhan ekonomi setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang rendah.

Pada Jumat, Brasil melaporkan 1.032.913 total kasus terkonfirmasi dengan 1.206 kematian baru, sehingga total korban meninggalnya menjadi 48.954.

Jumat itu Brasil juga mencatat rekor jumlah kasus baru harian sebanyak 54.771 yang mengisyaratkan wabah masih jauh dari teratasi. Brasil mungkin akan melampaui 50.000 korban kematian pada Sabtu sekalipun laporan akhir pekan dapat lebih rendah.

Namun, kenyataan yang sebenarnya dari wabah itu melampaui angka-angka resmi, menurut banyak ahli, yang menyebut kurangnya pengujian yang menjangkau masyarakat secara menyeluruh.

"Angka satu juta itu jauh lebih kecil ketimbang jumlah riil warga yang terinfeksi sebab rendahnya laporan atas besarnya infeksi yang mencapai lima hingga 10 kali lipat." kata Alexandre Naime Barbosa, profesor medis Universitas Negara Bagian Sao Paulo.

"Jumlah sebenarnya mungkin sedikitnya 3 juta dan bahkan dapat sebanyak 10 juta orang."

Corona tiba di Brasil lewat warga kelas atas yang kembali dari liburan di negara-negara Eropa. Kini virus itu sudah menyebar ke lebih dari 80 persen wilayah Negeri Samba.

Berawal dari orang-orang kaya yang pulang dari berlibur di Eropa, kini virus corona telah menjangkiti lebih dari satu juta orang di Brasil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close