Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Partai jadi Calo Saham BUMN

Kamis, 18 Juni 2009 – 14:51 WIB
Orang Partai jadi Calo Saham BUMN - JPNN.COM
JAKARTA – Anggota Komite Kebijakan Publik Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Ismed Hasan Putro menyebutkan, ada berbagai modus yang dilakukan capres tertentu untuk menggalang dana kampanye. Pundi-pundi BUMN sering dijadikan sasaran utama.

Dijelaskan Ismed, orang-orang partai terlibat dalam  transaksi proyek-proyek di BUMN. Orang-orang titipan partai yang duduk di kursi direksi atau komisaris BUMN tersebut mengendalikan pelaksanaan proyek. “Mereka ini yang terlibat dalam menentukan pemenang tender,” ungkap Ismed Hasan Putro saat menjadi pembicara di diskusi bertema ‘ Menelisik Dana Kampanye Pilpres’ di ruang wartawan DPR, Senayan, Kamis (18/9).

Modus lain, orang-orang dari kalangan partai itu akan memanfaatkan momen pelepasan saham BUMN atau Initial Public Offering (IPO). “Ketika terjadi IPO, mereka akan meminta untuk diberi slot saham yang jumlahnya cukup besar. Nah, saham itu selanjutnya dijual lagi ke pengusaha. Orang partai itu berperan mirip calo,” ulas Ismed Hasan.

Selain itu, tim capres juga mengeruk dana dari pengusaha-pengusaha yang punya kasus hukum. Contohnya, kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), yang menyangkut uang negara sebesar Rp1200 triliun, termasuk bunga obligasi rekapnya. “Banyak transaksi di black market antara penguasa dengan pengusaha,” cetusnya. Dijelaskan Ismed, dalam setiap pilpres, pihak kandidat incumbent selalu lebih diuntungkan dalam hal penggalangan dana. Sedang yang dari non-incumbent akan sulit menggalang dana. (sam/JPNN)

JAKARTA – Anggota Komite Kebijakan Publik Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Ismed Hasan Putro menyebutkan, ada berbagai modus yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close