Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Tua Peduli Anak, Belajar dari Rumah jadi Menyenangkan

Sabtu, 25 Juli 2020 – 17:28 WIB
Orang Tua Peduli Anak, Belajar dari Rumah jadi Menyenangkan - JPNN.COM
Direktur PAUD Muhammad Hasbi saat memberikan pengantar pada webinar Kelas Orang Tua Berbagi. Foto: tangkapan layar/mesya

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan webinar Kelas Orang Tua Berbagi.

Kali ini tema yang diambil adalah keterlibatan anak dalam kegiatan bermakna di rumah saat belajar dari rumah (BDR).

Direktur PAUD Muhammad Hasbi mengatakan, sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, proses kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah. Para peserta didik yang biasanya belajar di sekolah, sejak Maret harus belajar dari rumah.

"Pandemi COVID-19 ikut memengaruhi sektor pendidikan. Seperti kita tahu di seluruh dunia ada kurang lebih 1,2 miliar peserta didik yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan BDR. Sedangkan di Indonesia kurang lebih 68 juta peserta didik semua jenjang melaksanakan BDR. Dan, khusus jenjang PAUD sendiri ada kurang lebih 6,8 juta anak yang tidak bisa ke sekolah," tutur Hasbi saat memberikan pengantar pada webinar Kelas Orang Tua Berbagi yang juga disiarkan live di channel YouTube Kemendikbud RI, Sabtu (25/7).

Dia menambahkan, menjadi tantangan bagi guru PAUD dan orang tua ketika anak-anak harus BDR. Mengapa? Karena tentu banyak orang tua peserta didik yang belum memiliki kompetensi atau kemampuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran selama BDR berlangsung. Ini tentu saja menimbulkan kesulitan tersendiri bagi orang tua.

"Melihat kondisi itulah Ditjen PAUD dan Dikdasmen berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan kelas orang tua. Harapan kami kelas orang tua ini mampu memberikan pemahaman dan kompetensi kepada orang tua terkait berbagai hal yang dibutuhkan orang tua untuk menjadi pendidik di rumah," terangnya.

Diharapkan dari Kelas Orang Tua Berbagi ini, para orang tua punya kompetensi pedagogik yang setara dengan guru-guru.

Ini penting karena agar meski anak ada di rumah tetapi proses pendidikan tetap bisa berlangsung secara berkesinambungan.

Peran orang tua dalam proses belajar dari rumah alias BDR sangat penting karena fungsinya bertambah menjadi guru bagi anak-anaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close