Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Manfaat Mengukur Tumbuh Kembang Anak

Rabu, 23 Maret 2022 – 06:48 WIB
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Manfaat Mengukur Tumbuh Kembang Anak - JPNN.COM
Dokter Spesialis Anak di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Bernie Endyarni Medise bersama Yayasan Minderoo. Foto: Yayasan Minderoo

jpnn.com, JAKARTA - Ahli mengingatkan orang tua untuk tidak lupa mengukur tumbuh kembang anak mereka meski sebagian besar kegiatan dilakukan dari rumah.

Dokter Spesialis Anak di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Bernie Endyarni Medise menilai orang tua harus tetap memantau tumbuh kembang anak meski dalam situasi pandemi.

Menurutnya, ada beberapa variabel yang tetapi harus dipantau, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, hingga perkembangan motorik kasar dan halusnya.

"Apakah sesuai dengan usianya. Jangan bosan memplot berat badan, tinggi badan juga perkembangan anak," kata Bernie dalam keterangan di Jakarta, Selasa (22/3).

Bernie menilai banyak alat screening yang sudah tersedia. Orang tua bisa memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ketua dan Pendiri Yayasan Minderoo Dr Andrew Forrest AO mengatakan Thrive by Five adalah salah satu program untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tahun-tahun perkembangan awal anak.

Dia ingin memberdayakan orangtua untuk memantau dan mengawal tumbuh kembang anak.

“Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua dan pengasuh tentang hal yang mereka butuhkan selama lima tahun pertama anak," ungkapnya.

Ahli mengingatkan orang tua untuk tidak lupa mengukur tumbuh kembang anak mereka meski sebagian besar kegiatan dilakukan dari rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close