Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Organisasi Guru Menilai Gagasan Pendidikan 3 Capres Hanya Gimik

Rabu, 07 Februari 2024 – 17:27 WIB
Organisasi Guru Menilai Gagasan Pendidikan 3 Capres Hanya Gimik - JPNN.COM
Satriwan Salim. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com - Koordinator Nasional (Kornas) Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim menilai gagasan pendidikan ketiga calon presiden (capres) masih bersifat gimik dan normatif saja. Belum menyentuh persoalan fundamental pendidikan nasional.

Satriwan menyayangkan bahwa ketiga capres kurang memperhatikan data-data aktual dan belum menawarkan solusi konkret yang menunjukkan ragam masalah kualitas pendidikan Indonesia.

"Belum ada tawaran perbaikan konkret dan signifikan mengenai problematika mendasar rendahnya literasi dan matematika anak Indonesia," kata Satriwan, Rabu (7/2).

Dia menjelaskan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022, terungkap fakta bahwa 1 dari 2 anak Indonesia belum mampu mencapai kompetensi minimum literasi dan 3 dari 4 anak Indonesia belum mencapai kompetensi minimum numerasi. 

Yang lebih menyedihkan, skor PISA Indonesia 2022 yang terus merosot tajam. Skor numerasi Matematika Indonesia (366) sama dengan Palestina yang kondisinya jauh lebih tidak stabil karena sekolah mereka porak poranda akibat perang. Skor numerasi tersebut bahkan menjadi yang terendah sejak 2006.

Skor literasi membaca Indonesia pada 2022 juga menjadi yang terendah di antara skor PISA tahun-tahun sebelumnya, yakni sebesar 359. Pada 2009 Indonesia pernah mencatatkan skor PISA literasi membaca sebesar 402. 

Satriwan menyampaikan para capres juga tidak menyinggung bagaimana peringkat Indeks Kompetitif Global Indonesia. Indeks ini sangat berkorelasi dengan pendidikan. Sebab, bagaimana kebijakan pendidikan nasional akan menentukan seberapa kompetitif peserta didik sebagai sumber daya manusia Indonesia ketika bersaing secara global nanti. 

Data Global Competitive Index (GCI) 2023, Indonesia belum bisa melampaui posisi Malaysia (27), Thailand (30) dan Singapura (4). 

Kornas Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim menilai gagasan pendidikan ketiga Capres di Pilpres 2024 masih bersifat gimik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close