Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OSO Bagikan 50 Rumah Buat Saudara di Sukadana, Gratis, Cara Pembagiannya Unik

Sabtu, 10 Agustus 2019 – 19:25 WIB
OSO Bagikan 50 Rumah Buat Saudara di Sukadana, Gratis, Cara Pembagiannya Unik - JPNN.COM
Oesman Sapta Odang saat membagikan 50 rumah di Komplek Perumahan Anjang Odang untuk sepupunya di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, Sabtu (10/8). Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, SUKADANA - Momen Iduladha tahun ini dimanfaatkan Ketua DPD Oesman Sapta Odang untuk berbagi kepada masyarakat, termasuk saudaranya di kampung halamannya, Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Senator yang karib disapa OSO itu membagikan 50 rumah yang dia bangun di Sukadana, KKU, Kalbar. Puluhan rumah itu dinamakan Komplek Perumahan Anjang Odang.

Rumah itu langsung menghadap laut lepas Selat Karimata, dan juga Gunung Palung. Masing-masing 25 rumah dibangun berhadapan. Satu rumah memiliki luas tanah 200 meter, dan bangunan 50 meter. Ada dua kamar di dalamnya. Selain rumah, OSO juga memberikan isi berupa kursi tamu dan kasur untuk masing-masing rumah. "Sebetulnya ini adalah salah satu program saya, kembali ke desa. Jadi, kalau dari desa asal usulnya, jangan pernah lupakan desa," kata OSO.

Pembagian rumah itu dihadiri puluhan saudara sepupu atau ahli waris yang berhak menerima bangunan tersebut, dan disaksikan Bupati KKU Citra Duani serta Kapolres KKU AKBP Asep Irpan Rosadi.

Sistem pembagian juga cukup unik. Sebanyak 50 bola pingpong warna kuning sudah disediakan di dalam sebuah wadah. Masing-masing bola sudah bertuliskan blok dan nomor rumah. Kemudian satu per satu nama sepupu atau ahli warisnya dipanggil untuk mengambil 'undian' yang ada di bola pingpong yang sudah dimasukkan dalam sebuah wadah tersebut.

Nah, yang mendapat nomor B5, atau A1, misalnya, langsung menuju rumah tersebut. Kuncinya sudah digantung di pintu. Setelah rumah dibagikan, maka blok dan nomor harus dicabut. Diganti dengan nama pemiliknya masing-masing. "Jadi keluarga kalau lewat jadi tahu ini rumah siapa. Yang penting ini sepupu saya," kata OSO.

OSO Bagikan 50 Rumah Buat Saudara di Sukadana, Gratis, Cara Pembagiannya Unik

Sepupu maupun ahli waris sangat antusias mengikuti program tersebut. OSO pun sesekali bercanda dengan sepupunya atau yang mewakili. "Kalau tidak begini, susah mau kumpulnya," ungkap pria kelahiran Sukadana 18 Agustus 1950 itu.

Pak OSO bagikan 50 rumah di Sukadana, yang dinamakan Komplek Perumahan Anjang Odang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close