Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OSO: Gebu Minang Harus Dapat Membangun Indonesia

Sabtu, 21 Juli 2018 – 11:51 WIB
OSO: Gebu Minang Harus Dapat Membangun Indonesia - JPNN.COM
Ketua DPD RI Oesman Sapta membuka Rapat Kerja Daerah I Gebu Minang di Padang, Jumat (20/7). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, PADANG - Ketua DPD RI Oesman Sapta membuka Rapat Kerja Daerah I Gebu Minang di Padang (20/7). Dalam acara tersebut, Oesman Sapta berharap agar organisasi Gebu Minang dapat maju dan turut serta dalam pembangunan Indonesia.

“Melalui organisasi Gebu Minang yang tersebar di seluruh Indonesia, masyarakat Minang dapat berperan dalam membangun daerah,” kata Oesman Sapta dalam acara yang turut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno, pejabat daerah, dan pengurus Gebu Minang Sumatera Barat di Aula Kantor Provinsi Sumatera Barat, Padang.

OSO sapaan Oesman Sapta juga beranggapan bahwa masyarakat Minang mempunyai peranan penting dalam sejarah berdirinya NKRI. Dirinya menganggap masyarakat Minang yang tersebar di seluruh Indonesia mempunyai peran penting dalam mengembangkan perekonomian dan budaya di daerahnya.

“Minang itu adalah bagian daripada sistem sebuah negara yang namanya Indonesia. Tanpa Minang, tidak ada Indonesia. Itu sudah menjadi satu ikatan, satu kekuatan negara ini, yang dimana Sumatera Barat adalah bagian dari RI. Dan Sumatera Barat adalah orang-orang Minang,” ucapnya.

Senator asal Kalimantan Barat tersebut berpesan agar Gebu Minang menerapkan konsep 5S agar dapat lebih maju. Konsep 5S tersebut terdiri atas Strategy, yaitu adanya arah tujuan dalam menempatkan posisi masyarakat Minang. Structure, yaitu membangun struktur organisasi dengan kuat. Skill, adalah menempatkan orang yang tepat pada sebuah jabatan.

System, yaitu sebuah organisasi harus mempunyai sistem kerja yang efektif dan baik. Dan, Speed & Target, dimana ada target-target yang harus dicapai melalui sebuah program kerja.

“Harapannya adalah membangun sistem kedepan, yaitu 5S, Strategy, Structure, Skill, System, dan Speed & target. Agar organisasi ini organisasi yang modern, dikelola dengan modern. Dulu juga ada Gebu Minang. Dulu berhasil dengan cara yang lama. Tapi sekarang, zaman now, ga bisa lagi seperti yang dulu,” pesan Oesman Sapta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Gebu Minang ini.

Oesman Sapta juga berpesan agar masyarakat Minang tidak mudah untuk dipengaruhi. Apalagi saat ini banyak berita-berita hoax yang tersebar di berbagai media. Dirinya meminta agar masyarakat Minang dapat menyaring informasi yang tersebar dan tidak ikut serta menyebarkan berita-berita hoaks.

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang berharap agar organisasi Gebu Minang dapat maju dan turut serta dalam pembangunan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close