Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Otak Kudeta Zimbabwe Tewas Dibunuh COVID-19

Rabu, 20 Januari 2021 – 23:52 WIB
Otak Kudeta Zimbabwe Tewas Dibunuh COVID-19 - JPNN.COM
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari pixabay

jpnn.com, HARARE - Menteri Luar Negeri Zimbabwe Sibusiso Moyo meninggal dunia karena terpapar COVID-19. Kabar duka itu disampaikan oleh juru bicara kepresidenan George Charamba, Rabu (20/1).

Moyo merupakan mantan jenderal angkatan darat yang mengumumkan kudeta militer, yang kemudian berujung pada lengsernya Robert Mugabe pada November 2017 lalu. Mugabe sendiri telah meninggal dunia tahun lalu.

Charamba menyebut Moyo meninggal dunia pada Rabu dini hari di salah satu rumah sakit lokal.

"(Masyarakat) Bangsa ini akan terus diberikan informasi terkait perkembangan lebih lanjut mengenai kematian mendiang menteri, yang juga seorang prajurit dan pejuang kemerdekaan yang dihormati," kata Charamba.

Moyo adalah salah satu dari beberapa jenderal yang, setelah membantu merencanakan kudeta, diberi penghargaan dengan posisi senior di kabinet Presiden Emmerson Mnangagwa dan partai berkuasa ZANU-PF.

Menteri kabinet lainnya, pensiunan jenderal dan menteri pertanian Perrance Shiri, meninggal dunia usai terpapar virus itu pada bulan Juli lalu.

Zimbabwe telah mencatat lonjakan infeksi COVID-19, dengan angka kematian akibat virus mencapai 825, dan total kasus sebanyak 28.675, setengahnya tercatat sejak hari pergantian tahun. (ant/dil/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi: