Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pabrik AQUA Klaten Dukung Pengembangan Ekonomi Penyandang Disabilitas ODGJ

Selasa, 12 September 2023 – 20:32 WIB
Pabrik AQUA Klaten Dukung Pengembangan Ekonomi Penyandang Disabilitas ODGJ - JPNN.COM
Ketua KND RI Dante Rigmalia (keempat dari kiri) menyerahkan Anugerah Prakarsa Inklusi kepada Bupati Klaten Sri Mulyani, (keempat dari kanan). Foto: Dok Aqua Klaten

jpnn.com, KLATEN - Pabrik AQUA Klaten mendukung pengembangan ekonomi bagi para penyandang disabilitas ODGJ di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Saat ini ada sekitar 20 penyandang disabilitas ODGJ yang sudah didampingi selama enam bulan pada setiap hari Jumat yang diadakan di Posyandu Jiwa Kantor Desa Kranggan.

“Untuk tahun ini kami akan lakukan pendekatan dengan pengembangan pelayanan anak dengan gangguan ODGJ. Yang kami lakukan salah satunya adalah penguatan kapasitas untuk pengembangan ekonomi untuk kemandirian para ODGJ dan juga untuk kesehatannya,” ujar Ketua Inklusi Center Kecamatan Karanganom - Bhakti Negeri (ICKK-BN), Srimulyo.

Dia mengatakan para penyandang disabilitas ODGJ di Desa Kranggan ini kebanyakan diakibatkan stress karena masalah-masalah ekonomi keluarga, putus cinta, dan faktor keturunan.

Karenanya, menurut Srimulyo, ICKK-BN berusaha bagaimana agar para ODGJ ini bisa mendapat perlindungan dan terapi sehingga bisa diterima lagi di masyarakat.

“Tidak hanya itu, kami juga berusaha untuk mendorong sampai ke tingkat kemandirian mereka secara ekonomi agar memiliki masa depan,” katanya.

Stakeholder Relation Manager AQUA Klaten Rama Zakaria mengatakan, pasca gempa Yogya, beberapa tahun lalu, anggota masyarakat di sekitar pabrik Aqua yang mengalami gangguan jiwa meningkat. ”Bersama ICKK-BN dan Lurah Kranggan, kemudian AQUA Klaten mengembangkan program pendampingan bagi ODGJ” kata Rama.

Salah satu penyandang disabilitas ODGJ yang sudah merasakan manfaat dari pendampingan dan pembinaan yang dilakukan ICKK-BN yang sudah berjalan selama enam bulan di Desa Kranggan Polanharjo ini adalah Erna Yulianti. Wanita 32 tahun yang sudah memiliki dua anak ini mengalami ODGJ akibat himpitan ekonomi keluarga yang dialaminya bersama suami. Kondisinya saat ini sudah mulai pulih kembali.

Pabrik AQUA Klaten Bersama ICKK-BN dan Lurah Kranggan mengembangkan program pendampingan bagi ODGJ di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close