Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Padukan Motif Brasil dan Etnik Nusantara

Senin, 01 Oktober 2018 – 16:21 WIB
Padukan Motif Brasil dan Etnik Nusantara - JPNN.COM
Busana karya Drg Haris Desitawati. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Drg Haris Desitawati bukanlah dokter gigi biasa. Pasalnya, di sela kesibukannya, dia juga menjadi seorang desainer. Bahkan baru-baru ini, Haris menggelar fashion show. Karya yang ditampilkan terinspirasi dari perjalanannya ke Olaria, Brasil.

Bernama Asa Klambi Etnik, Haris menghadirkan berbagai macam cutting bentuk outer dan atasan dengan bordiran warna-warni yang khas. Busana-busana tersebut ditampilkan dalam acara Grand Final SkinAmbassador 2018 di XO Suki Grand Ballroom.

Perjalanannya menemukan ide itu terjadi pada tahun lalu, 2017. ''Awalnya saat saya lihat di sana itu motifnya belum ada yang dibuat baju. Hanya taplak, hiasan rumah, dan juga rompi,'' ceritanya.

Dia mengatakan bahwa bordiran-bordiran itu dianggapnya lucu jika diaplikasikan pada busana. ''Kenapa tidak dibuat di Indonesia? Tapi, tetap dikombinasikan dengan kain-kain khas Nusantara,'' sambungnya.

Busana-busana yang diperagakan calon brand ambassador Skin A Dermatology and Aesthetic Clinic itu dibuat dari kain-kain organza, tenun, barik, lurik, dan linen goni. ''Jadi, meski terinspirasi dari luar negeri, bahannya tetap dari dalam negeri,'' jelasnya.

Untuk sasarannya, Haris mengatakan untuk semua usia. Mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. "Modelnya juga kita buat ready-to-wear yang bisa dipakai dalam acara apa pun dan bentuk badan apa pun. Yang gemuk bisa jadi kurus, yang kurus bisa jadi ideal,'' tuturnya.

Warna-warna yang dipilih dibuat dengan dasar gelap dengan bordiran-bordiran yang cerah. Hal itu, menurut dia, dimaksudkan agar masih bisa dipakai oleh perempuan-perempuan dewasa. Namun, lanjut dia, desain dengan bahan organza lebih dikhususkan perempuan-perempuan remaja.

Selain itu, kata dia, modelnya kali ini bisa dipadukan dengan bawahan apa saja. ''Dipadukan dengan bawahan jins dan sepatu sneakers juga oke. Dengan kain lilit dan heels juga oke,'' jelasnya. Jadi bisa menjadi semi sporty maupun sangat feminin. (ama/c4/tia) 

Warna-warna yang dipilih dibuat dengan dasar gelap dengan bordiran-bordiran yang cerah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close