Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pagi Ini Sudah Bisa Evakuasi

Rabu, 13 Oktober 2010 – 12:47 WIB
Pagi Ini Sudah Bisa Evakuasi - JPNN.COM
EVAKUASI.
COPIAPO - Rakyat Cile seakan menahan napas. Mereka berdoa bersama demi operasi penyelamatan 33 penambang yang terjebak 700 meter di kedalaman perut bumi sejak 5 Agustus lalu. Rencananya, evakuasi itu dimulai hari ini (13/10). Senin waktu setempat (kemarin), uji coba memasukkan kapsul penyelamat ke dalam bumi sudah sukses.

Kapsul tersebut berdiameter sekitar 60 sentimeter atau sedikit lebih lebar daripada bodi manusia dewasa pada umumnya. Dalam uji coba itu, kapsul tersebut sudah masuk sejauh 600 meter lebih ke dalam bumi.

Kapsul itu dijuluki Phoenix dan dicat dengan warna bendera Cile. Yakni, merah, putih, dan biru. Phoenix berhasil masuk tanah setelah memasuki pipa metal sepanjang 56 meter di ujung terowongan penyelamat. Pipa itu dipasang untuk menghindari ambrolnya mulut terowongan saat para penambang diangkat ke luar. Sebelumnya, ada silang pendapat soal pipa besi itu. Keluarga penambang minta pipa tersebut dipasang di seluruh jalur terowongan hingga kedalaman 700 meter. Tapi, para ahli menolak. Sebab, itu mustahil dan makan waktu lama.

Kepala Tim Teknis Andre Sougarret menyatakan, uji coba formal terhadap kekuatan terowongan sudah berhasil. Namun, dia mengingatkan, tidak ada yang menjamin evakuasi lancar. "Selalu ada risiko ketika mengangkat orang dengan menggunakan sistem vertikal," jelas dia seperti dilansir Reuters.

COPIAPO - Rakyat Cile seakan menahan napas. Mereka berdoa bersama demi operasi penyelamatan 33 penambang yang terjebak 700 meter di kedalaman perut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close