Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Jokowi Rajin Salat, Bu Sri Mulyani Sering Puasa

Senin, 23 Desember 2019 – 20:44 WIB
Pak Jokowi Rajin Salat, Bu Sri Mulyani Sering Puasa - JPNN.COM
Mahfud MD. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menangkis tudingan yang menyebut para pejabat negara mengidap islamophobia (islamofobia; istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka dan diskriminasi pada Islam dan muslim).

Mahfud memastikan, para pejabat justru bangga sebagai muslim dan tak menutupi identitas keislamannya. Mahfud mencontohkan, Presiden Jokowi rajin salat dan Menteri Keuangan Sri Mulyani rajin puasa.

Rakyat Merdeka RMCO.id melansir, tuduhan adanya pejabat mengidap islamophobia mulai muncul sejak Oktober lalu. Penyebabnya karena pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang dianggap menyudutkan umat Islam.

Belum lagi komentar para menteri yang sering berlebihan. Seperti omongan Menteri Agama, Fachrul Razi, soal cadar dan celana cingkrang, sampai omongan Sri Mulyani yang tiba-tiba ikutan membahas radikalisme.

Alhasil, tuduhan Islamophobia, yang awalnya terdengar sayup-sayup, kini jadi terdengar lantang. Beberapa kebijakan lain yang dianggap mencerminkan Islamophobia antara lain kewajiban majelis taklim mendaftar dan terbitnya surat keputusan bersama (SKB) 11 menteri tentang pemberantasan radikalisme.

Paling anyar, yang dipermasalahkan sejumlah pihak adalah absennya Indonesia dalam KTT Kuala Lumpur, Malaysia, membahas isu-isu dan persoalan muslim pekan lalu. Sejumlah pihak menyayangkan kenapa presiden atau wapres tidak datang dalam pertemuan itu. 

Nah, melihat tuduhan yang terus menggelinding, Mahfud angkat bicara. Bantahan pertama disampaikan Mahfud di kantornya, Kamis lalu. Akhir pekan kemarin, saat mengisi acara Halaqoh Kebangsaan di Pondok Pesantren Al Amin, Ngasinan, Kediri, Mahfud menyampaikan hal serupa.

Tak cukup sampai di situ, omongan soal itu dia gemakan lagi di akun Instagram miliknya. “Ada tuduhan seolah pemerintah bersikap Islamophobia atau bahkan anti-Islam,” tulis Mahfud mengawali keterangannya.

Mahfud MD memastikan, para pejabat justru bangga sebagai muslim, seperti Presiden Jokowi rajin salat dan tanpa malu meminta waktu beribadah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close