Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Wapres Ingatkan ASN Jangan Mempersulit Rakyat

Senin, 14 November 2022 – 15:50 WIB
Pak Wapres Ingatkan ASN Jangan Mempersulit Rakyat - JPNN.COM
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Antara

jpnn.com, SERANG - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) jangan mempersulit rakyat saat bekerja dalam sistem birokrasi pemerintahan.

Pesan itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin dalam acara Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila di Pendopo Gubernur Banten, Serang, Senin (14/11).

Wapres bahkan mengutip sebuah hadis bahwa siapa yang diberi tanggung jawab untuk menangani urusan umat lalu mempersulit mereka, maka hidupnya akan dipersulit; sedangkan siapa yang mendapat tanggung jawab untuk mengurusi umat lalu memudahkan urusan mereka, maka hidupnya akan dimudahkan.

"Ini sudah didoakan oleh nabi, ini. Jadi, yang membuat mudah, dimudahkan; yang membuat sulit, disulitkan," kata Kiai Ma'ruf.

Eks ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan hadis tersebut dapat diterapkan sebagai prinsip bagi ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Hadis ini menggambarkan makna penting birokrasi, khususnya bagi ASN, untuk melaksanakan amanat dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab, utamanya dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan urusan masyarakat," terangnya.

Kiai Ma'ruf menyebut pelayanan publik yang baik juga menjadi perhatian dan diawasi oleh komunitas internasional.

"Kualitas kelembagaan birokrasi dijadikan ukuran dan indikator pencapaian dari setiap negara, ada yang mengawasi sekarang ini. Ini menjadi penting," ucapnya.

Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan para ASN jangan mempersulit rakyat dalam bekerja dalam sistem birokrasi di pemerintahan. Ingat, bakal ada balasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close