Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak Wiranto Heran Lihat Singapura Selalu Tahu soal Indonesia

Rabu, 07 Februari 2018 – 22:40 WIB
Pak Wiranto Heran Lihat Singapura Selalu Tahu soal Indonesia - JPNN.COM
Wiranto. Foto: Bambang Supriatna/Indopos/dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengungkapkan, petinggi Singapura tahu betul kondisi Indonesia saat ini. Bahkan, pemerintahan negeri pulau itu mencermati setiap tahapan Pilkada 2018 yang akan digelar serentak di 171 daerah beserta kondisinya.

Wiranto mengetahui hal itu ketika bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan menteri pertahanannya beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu Wiranto menanyakan pandangan Singapura tentang kondisi Indonesia saat ini.

"Saya ditanyaka, bagaimana kondisi Indonesia, bagaimana persiapan untuk pilkada, ternyata mereka tahu persis," ujar Wiranto pada Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah, Sekretaris Daerah dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (7/2). 

Mantan Panglima ABRI itu pun merasa heran. Namun, Wiranto lantas teringat ketika di awal-awal reformasi mendapat pesan dari tokoh Singapura Lee Kuan Yew saat masih menjadi perdana menteri.

"Waktu itu dia mengatakan, Pak Wiranto jaga negara anda. Dia mengatakan, apapun yang terjadi di Indonesia akan sangat berpengaruh terhadap Singapura," ucapnya. 

Menurut Wiranto, pesan tersebut sarat makna. Jika negara tetangga saja sangat peduli dengan keutuhan NKRI, lanjutnya, maka seluruh lapisan rakyat Indonesia harusnya jauh lebih peduli.  

"Saya ingat betul, mereka sangat memperhatikan perkembangan negara ini. Kalau negara lain mengkhwatirkan negara kita, maka rakyat Indonesia harus lebih. Bukan takut, tapi harus lebih bersiap-siap (untuk menjaga keutuhan NKRI,red)," katanya. 

Wiranto secara khusus mengaku bersyukur karena Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melakukan pemetaan daerah-daerah rawan konflik jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Dengan demikian, katanya, antisipasi dapat dilakukan sedini mungkin. 

Menkopolhukam Wiranto mengaku heran dengan Singapura yang selalu tahu tentang kondisi terkini Indonesia. Bahkan, Singapura pun mencermati perkembangan pilkada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Asia Oceania

    PM Singapura Akui Jasa Besar Presiden Jokowi Bagi Kawasan

    Senin, 29 April 2024 – 15:17 WIB
    PM Singapura Akui Jasa Besar Presiden Jokowi Bagi Kawasan - JPNN.com
  • Daerah

    Imigrasi Blitar Mendeportasi Seorang Remaja ke Singapura

    Selasa, 23 April 2024 – 23:00 WIB
    Imigrasi Blitar Mendeportasi Seorang Remaja ke Singapura - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai 70

    Kamis, 18 April 2024 – 06:53 WIB
    Nilai 70 - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai Nol

    Rabu, 17 April 2024 – 07:07 WIB
    Nilai Nol - JPNN.com
X Close