Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Bom Asal Malaysia Pimpin ISIS Asia Tenggara

Selasa, 07 November 2017 – 11:03 WIB
Pakar Bom Asal Malaysia Pimpin ISIS Asia Tenggara - JPNN.COM
Warga Negara Malaysia Amin Baco yang disebut-sebut sebagai emir baru ISIS Asia Tenggara. Foto: The Star

jpnn.com, MANILA - Mati satu tumbuh serbu. Posisi pemimpin kelompok militan Islam (ISIS) di Asia tenggara yang kosong setelah Isnilon Hapilon ditembak mati militer Filipina (AFP) langsung terisi.

Warga Malaysia yang lama tinggal di Filipina, Sabahan Mohd Amin Baco, disebut-sebut menjadi pengganti Hapilon. Demikian kabar yang dilansir Filipina kemarin.

”Amin Baco saat ini tidak hanya memimpin sisa anggota Maute (sel jaringan ISIS di Marawi, Filipina, Red), tetapi juga didapuk sebagai emir ISIS Asia Tenggara,” ujar Kepala Polisi Filipina Ronaldo de la Rosa, Senin (6/11).

Sebelumnya, ada Mahmud Ahmad, militan asal Malaysia, yang digadang-gadang menggantikan Hapilon. Namun, dia ikut tewas dalam serangan AFP di Marawi pertengahan Oktober kemarin.

Baco yang kini keberadaan pastinya belum diketahui bukan militan biasa. Dia dipilih karena memiliki kedekatan dengan berbagai kelompok ekstremis di kepulauan Mindanao, Filipina. Sebab, dia merupakan militan asing yang paling lama tinggal di Filipina.

Militan yang ahli merakit bom itu dilatih Zulkifli Hir alias Marwan. Dia juga merupakan militan asal Malaysia yang tewas dalam operasi Mamasapano pada 2015.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa Baco tewas saat operasi pembebasan Marawi. Saat itu, AFP dan polisi mengevakuasi 42 jenazah yang salah satunya diduga adalah Baco.

Namun, berdasar laporan intelijen, Baco berhasil melarikan diri. ”Dia bisa saja berada di Pulau Jolo atau di dekat Maguindanao,” kata salah seorang sumber di AFP yang paham tentang kelompok-kelompok militan di Mindanao.

Warga Negara Malaysia Sabahan Mohd Amin Baco disebut-sebut seabgai emir ISIS Asia Tenggara yang baru

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close