Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Hukum Melihat Kondisi Jokowi di Pilkada 2024, Apa Katanya?

Rabu, 28 Agustus 2024 – 10:05 WIB
Pakar Hukum Melihat Kondisi Jokowi di Pilkada 2024, Apa Katanya? - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum pidana Anwar Husin menilai sebenarnya cawe-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilkada 2024 tak menabrak konstitusi.

Menurut Anwar, Presiden Jokowi juga tak pernah menciptakan manuver yang bertujuan menyerang atau untuk menjatuhkan siapa pun.

“Jokowi itu sebenarnya bukan tipe orang yang offensif dan bukan juga orang yang suka menyerang lawan politiknya. Ia hanya berjaga dan melakukan konter ketika serangan datang," kata Anwar dalam keterangannya, Selasa (27/08).

Meski demikian, wakil pembina laskar Prabowo 08 itu mengatakan tuduhan Jokowi cawe-cawe dalam setiap kontestasi politik sebenarnya tudingan miring sejak lama. "Sejak awal kepemimpinannya tudingan macam-macam sering disematkan ke Presiden Jokowi," tegasnya.

Secara legal formal, tak ada satu pun undang-undang dan hukum yang dilanggar Jokowi.

"Ketika muncul berbagai tuduhan tanpa dasar Jokowi tetap kalem, tetap tenang, tetap santai, sementara orang-orang yang menudingnya, merasa sibuk bermasalah dengan Jokowi,” tutup Anwar.

Presiden Jokowi disebut ikut campur dalam perhelatan Pilkada serentak 2024.

Calon Presiden terpilih Prabowo Subianto pun membantah hal tersebut.

Menurut Anwar, Presiden Jokowi juga tak pernah menciptakan manuver yang bertujuan menyerang atau untuk menjatuhkan siapa pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA