Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Kebijakan Donald Trump soal Suriah Tidak Masuk Akal

Sabtu, 26 Oktober 2019 – 23:59 WIB
Pakar: Kebijakan Donald Trump soal Suriah Tidak Masuk Akal - JPNN.COM
Presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato State of the Union di depan Kongres. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Langkah Amerika Serikat kembali mengirim pasukan ke Suriah dikritik sejumlah pakar. Keputusan itu dinilai sebagai bukti tak terbantahkan dari inkompetensi Presiden Donald Trump dalam membuat kebijakan luar negeri.

"Situasinya terjun bebas, sikap presiden maju mundur. Semua ini tidak masuk akal," ujar pakar Timur Tengah dari Universitas Oklahoma, Joshua Landis kepada Al Jazeera, Sabtu (26/10).

Seperti diketahui, awal bulan ini Trump memerintahkan pasukan AS ditarik dari wilayah Suriah. Namun, sekarang Trump seperti menjilat ludahnya sendiri dengan memerintahkan pasukan kembali ke Suriah dengan alasan menjaga kilang minyak dari serangan ISIS.

Parahnya lagi, lanjut Landis, Amerika kini sudah tidak punya sekutu lagi di Suriah. Milisi Kurdi yang tadinya bersahabat jelas tidak mau lagi berurusan dengan AS. Mereka sudah merasa dikhianati ketika AS menarik pasukan dan membiarkan Turki menginvasi wilayah Suriah bagian timur laut.

"Mereka (tentara AS) akan jadi sasaran empuk di Suriah. Siapa yang akan menjaga mereka, milisi Kurdi jelas tidak mau. Semua ini tidak masuk akal," ucap dia.

Marwan Kabalan dari Arab Center for Research juga punya pandangan serupa. Menurut dia, kebijakan luar negeri AS penuh dengan kontradiksi.

Menurutnya, semua kekacauan ini tak lepas dari situasi politik dalam negari AS sendiri. Apalagi tahun depan Trump harus mempertahankan jabatannya dalam pemilu.

"Konfliknya ada di Washington, antara Presiden Trump dengan lembaga pembuat kebijakan luar negeri, terutama Pentagon. Trump selalu berpikir soal pemilu mendatang, dia ingin mendapat dukungan dari basis politiknya," ujar dia. (dil/jpnn)

Langkah Amerika Serikat kembali mengirim pasukan ke Suriah dikritik sejumlah pakar. Keputusan itu dinilai sebagai bukti tak terbantahkan dari inkompetensi Presiden Donald Trump

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AlJazeera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Komunikasi

    Setelah Ditekan, TikTok Melayangkan Gugatan ke AS

    Rabu, 08 Mei 2024 – 23:26 WIB
    Setelah Ditekan, TikTok Melayangkan Gugatan ke AS - JPNN.com
  • Timur Tengah

    Israel Serbu Rafah, Amerika Tunda Penjualan Senjata

    Rabu, 08 Mei 2024 – 12:34 WIB
    Israel Serbu Rafah, Amerika Tunda Penjualan Senjata - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Catch Kill

    Sabtu, 04 Mei 2024 – 07:07 WIB
    Catch Kill - JPNN.com
  • Komunikasi

    Setelah TikTok, Amerika Serikat Bersiap Cekal DJI

    Senin, 29 April 2024 – 15:48 WIB
    Setelah TikTok, Amerika Serikat Bersiap Cekal DJI - JPNN.com
X Close