Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Kesehatan Beber Kiat Liburan di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 21 Oktober 2020 – 15:04 WIB
Pakar Kesehatan Beber Kiat Liburan di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.COM
Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dr Tri Yunis Miko Wahyono dalam diskusi virtual Imun Kuat Libur Panjang Aman di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (21/10). Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dr Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan ada cara berlibur yang aman di tengah pandemi Covid-19 ini.

Meski begitu, Yunis menekankan baiknya masyarakat lebih mengisi aktivitas dengan produktif di rumah.

Hal itu Yunis sampaikan dalam diskusi virtual Imun Kuat Libur Panjang Aman di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (21/10).

"Jadi liburan itu bukan sesuatu yang salah. Minggu juga libur. Namun, liburan itu kita bisa isi sesuatu yang bermanfaat, aman, terhindar dari penyakit," kata dia.

Yunis mengatakan, masyarakat sebenarnya bisa berlibur ke mana saja asal mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 di tengah pandemi ini. Berkumpul pun harus jaga jarak dan apabila berwisata maka pastikan tempat itu mematuhi protokol kesehatan yang ada.

"Kalau liburan kita mau isi dengan berkumpul dengan keluarga, berkumpul bersama teman, tetapi pakai protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Kalau itu dipenuhi, insyaallah, liburan kita tetap sehat," kata dia.

Apabila ingin berwisata, Yunus menyarankan masyatakat untuk mempelajari terlebih dulu daerah tujuan. Pastikan daerah tujuan merupakan zona hijau atau tidak ada penyebaran virus Covid-19.

"Kalau mau zona merah sebaiknya hindari. Mau apa pun kita ke sana, kita punya risiko tinggi tertular. Mau jalan ke mal kita berisiko ke zona merah. Kalau zona oranye kita tetap riskan," jelas dia.

Masyarakat sebenarnya bisa berlibur di tengah pandemi Covid ini. Simak tip berikut ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close