Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Konflik di Demokrat Akibat Kepemimpinan AHY Lemah

Rabu, 31 Maret 2021 – 15:15 WIB
Pakar: Konflik di Demokrat Akibat Kepemimpinan AHY Lemah - JPNN.COM
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konflik di tubuh Partai Demokrat (PD) menarik perhatian publik. Pasalnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang baru setahun menjadi ketua umum PD justru mengalami gugatan dari para pendiri parpol berlogo segi tiga merah putih itu.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Nasional Lely Arrianie menilai konflik internal Partai Demokrat yang berujung kongres luar biasa (KLB) akibat kepemimpinan Agus AHY  yang lemah.

“Seandainya dulu AHY itu memimpinnya kuat, ya, tidak secepat itu (KLB, red),” ujar Lely, Rabu (31/3/2021).

Menurut Lely, konflik internal partai politik terjadi sejak orde baru, PDI di bawah kepemimpinan Suryadi berhadapan dengan Megawati Soekarnoputri, PKB Muhaimin Iskandar versus PKB Ali Maskur Musa (Gus Dur), PPP Romahurmuziy lawan PPP Djan Faridz, lalu kepengurusan Golkar Abu Rizal Bakrie tanding dengan Golkar Agung Laksono. Demikian juga Partai Hanura dan Berkarya.

“Namun, saya melihat fenomena di Partai Demokrat ini berbeda, seperti tuduhan kelompok KLB Deli Serdang yang menyatakan sepertinya Demokrat ingin dibawa ke politik dinasti, seolah-olah yang berhak memimpin partai itu hanyalah orang-orang dari trah Pak SBY,” ungkapnya.

Lely menganggap keputusan menetapkan AHY menjadi ketum PD tanpa melalui proses politik yang panjang.

Menurut Lely, kesalahan terbesar partai politik tidak pernah menyiapkan kadernya secara meritokrasi.

“Saya melihat AHY seperti di karbit, berbeda dengan adiknya (Ibas) yang nota bene sudah lebih dulu terjun ke politik,” ungkap Lely yang juga Presidium Asosiasi Ilmuwan Komunikasi Politik Indonesia (AIKPI) itu.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang baru setahun menjadi ketua umum PD justru mengalami gugatan dari para pendiri parpol berlogo segi tiga merah putih itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close