Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Nilai Airlangga Lebih Berpeluang Digandeng Prabowo ketimbang Cak Imin

Rabu, 12 April 2023 – 07:02 WIB
Pakar Nilai Airlangga Lebih Berpeluang Digandeng Prabowo ketimbang Cak Imin - JPNN.COM
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi pesan pada Dzikir Akbar dan Golkar Bershalawat di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (18/2/2023).

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ikhwan Arif menilai Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto lebih berpeluang jadi cawapres Koalisi Besar ketimbang Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Pasalnya, Airlangga akan memberikan kontribusi besar terhadap pemenangan ketika dipasangkan dengan Prabowo Subianto, yang hampir dipastikan bakal menjadi capres.

"Airlangga lebih berpotensi dan berpeluang besar untuk digandeng Prabowo karena punya kekuatan politik yang sangat kuat, apalagi saat ini menjabat sebagai menko yang merupakan posisi terpenting dalam pemerintahan," kata Ikhwan.

Ikhwan menjelaskan alasan mengapa Prabowo yang menjadi kandidat kuat sebagai capres, yakni faktor Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, penentuan calon presiden dan yang diusung oleh Koalisi Besar harus sesuai dengan selera dan restu Jokowi.

Sebab Koalisi Besar ini merupakan koalisi yang sengaja dibentuk untuk melanjutkan program-program kerja pemerintahan Jokowi.

Proses nominasi capres, lanjut Ikhwan, tentu mempertimbangkan faktor siapa sosok yang punya program-program kerja yang bisa melanjutkan program pembangunan Jokowi, sehingga dukungan full akan diberikan kepada capres-cawapres yang punya visi misi yang sama dengan Presiden.

"Jika Presiden Jokowi salah pilih capres, akan berdampak besar terhadap kelanjutan program-program yang sudah dijalankannya selama ini. Sangat kecil kemungkinan dukungan politik diberikan kepada tokoh di luar pemerintah, sebaliknya potensi besar akan diberikan kepada tokoh yang mampu melanjutkan estafet kerja dan estafet program-program pemerintah yang masih tertunda," ujar Ikhwan.

Sejauh ini, lanjut Ikhwan, Airlangga akan berpeluang besar untuk mendampingi Prabowo sebagai cawapres karena kekuatan mesin politik Golkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close