Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pandemi Flu Babi Berakhir

Kamis, 12 Agustus 2010 – 05:32 WIB
Pandemi Flu Babi Berakhir - JPNN.COM
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap waspada meskipun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan bahwa pandemi virus H1N1 (flu babi) telah berakhir. Kesiagaan atas virus itu juga diberlakukan pada tingkat RS dan Puskesmas di kabupaten/kota.

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama menerangkan, berakhirnya pandemi tersebut bukan berarti mengakhiri serangan virus flu babi di Indonesia. Menurut dia, seluruh pusat pelayanan kesehatan tetap waspada. "Tidak ada perlakuan yang berbeda. Semua akan sama (tetap waspada, Red)," tegasnya Tjandra saat dihubungi Jawa Pos kemarin (11/8).

Menurut dia, kini yang berbeda hanya penanganan penyakitnya. Jika sebelumnya para penderita suspect H1N1 diberikan perawatan khusus, sekarang akan ditangani layaknya pasien penyakit flu biasa. "Tidak segawat dulu. Sekarang pasien bisa ditangani sendiri di Puskesmas. RS hanya sebagai rujukan," tuturnya.

Pascapandemi, ungkap Tjandra, setiap RS yang menyediakan ruang isolasi perawatan pasien H1N1 tetap akan memiliki jadwal pelatihan dan simulasi penanganan flu babi. "Itu hanya untuk antisipasi karena ruang isolasi juga dipakai untuk perawatan flu burung," kata dokter spesialis paru itu. WHO telah menghentikan pendataan pasien flu babi sejak September 2009. Di Indonesia, tercatat 1.097 penderita flu babi. Sepuluh orang di antaranya meninggal dunia.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tetap waspada meskipun Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan bahwa pandemi virus H1N1 (flu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close