Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panen Raya Di Ciparay, Mentan Juga Serahkan Bantuan Alsintan

Sabtu, 05 Agustus 2017 – 16:12 WIB
Panen Raya Di Ciparay, Mentan Juga Serahkan Bantuan Alsintan - JPNN.COM
Mentan Amran Sulaiman saat menggunakan alat mesin panen raya di kampung Sutam Ciparay, Kabupaten, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8) siang. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pertanian Amran Sulaiman memimpin kegiatan panen raya di kampung Sutam Ciparay, Kabupaten, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8) siang.

Dalam acara yang dibarengkan dengan reses anggota DPR RI dari Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal itu, hadir juga Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, perwakilan Kementerian Desa, dan juga Bulog.

Amran menegaskan, panen raya ini diharapkan bisa mempertahankan pasokan beras untuk konsumsi dalam negeri.

"Kami melihat hasil panen bulan April sampai hari ini sangat bagus. Ini perlu dipertahankan," katanya saat memberikan sambutan.

Pada hari perdana panen raya di Ciparay tersebut, ada 6.000 hektare lahan yang siap di panen. Namun, lokasinya tersebar di beberapa titik. Khusus untuk kampung Satam, yang didatangi oleh Amran, ada 300 hektare lahan yang siap dipanen.

Dalam panen raya ini, Kementan juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan). Total ada 5 unit power tresher, 18 unit pompa air, 52 unit traktor roda dua, dan 10 unit traktor roda empat. Selain itu, ada juga cultivator 9 unit dan combine harvester sebanyak 1 unit.

"Ini sesuai dengan permintaan Pak Cucun, kami kirimkan yang menjadi kebutuhan kelompok tani di Kabupaten Bandung," tandasnya.

Kini, dengan aturan pembelian harga beras yang mencapai Rp 7.000 per kilogram, dia berharap tak ada lagi keluhan di petani. Demikian juga dengan pembeli.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman memimpin kegiatan panen raya di kampung Sutam Ciparay, Kabupaten, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/8) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close