Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panglima: Koopsus TNI Harus Berada Dalam Kesiapsiagaan yang Tinggi

Sabtu, 13 Juni 2020 – 02:23 WIB
Panglima: Koopsus TNI Harus Berada Dalam Kesiapsiagaan yang Tinggi - JPNN.COM
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Gedung Markas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Gedung Markas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopsus TNI) bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Panglima TNI menyampaikan Koopsus TNI dibentuk karena TNI melihat ancaman yang makin kompleks membutuhkan satuan yang memiliki interoperabilitas tinggi dan kemampuan Tri Matra (AD, AL, AU).

Koopssus TNI membawahi operasi menggunakan tiga matra. Tetapi, dalam operasinya sesuai dengan tugas masing-masing matra termasuk dalam mengatasi aksi terorisme.

Sejak awal dibentuk satuan Koopsus TNI sudah menunjukkan kiprahnya dalam menangani Covid-19 di antaranya mengawal dan mengamankan penjemputan WNI dari Wuhan-China kembali ke Indonesia.

Di era digital dan otomasi saat ini, Koopsus TNI harus berada dalam kesiapsiagaan yang tinggi untuk digerakan kapan pun dan kemana pun serta dapat beradaptasi dengan konsep-konsep baru dengan memanfaatkan domain baru dalam peperangan modern.

Penguasaan terhadap teknologi informasi, siber, internet dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia maya menjadi kekuatan pengganda dalam tugas operasi.

Sebagai satuan baru, Koopsus TNI harus membangun sistem yang efektif dan modern. Dengan menggabungkan kekuatan kinetik dan non-kinetik. Koopsus TNI dapat menuntaskan setiap tugas yang diberikan dengan cepat, akurat dan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

“Dengan diresmikannya Gedung Mako Koopsus TNI, harus menjadi pemacu prestasi TNI dalam tugas operasi. Jadikan tempat ini sebagai rumah bagi ide-ide kreatif dan inovatif dalam mengembangkan konsep-konsep operasional serta sebagai kebanggaan bagi siapa saja yang memasukinya, bukan karena kemegahannya, tetapi karena semangat pengabdian yang tinggi kepada negara, jiwa korsa dan patriotisme,” kata Panglima TNI

Koopsus TNI dapat menuntaskan setiap tugas yang diberikan dengan cepat, akurat dan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close