Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Paparkan Kemajuan Perikanan di Indonesia, Bu Susi Berhasil Yakinkan Jepang

Sabtu, 26 Agustus 2017 – 13:21 WIB
Paparkan Kemajuan Perikanan di Indonesia, Bu Susi Berhasil Yakinkan Jepang - JPNN.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat mengunjungi menyambangi Japan Super Freeze Co.Ltd (JSF). Foto dok Humas KKP

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

Pada kesempatan itu, Susi memaparkan kemajuan yang telah ditunjukkan pengelolaan kelautan dan perikanan di Indonesia beberapa tahun terakhir.

Untuk pertama kalinya neraca perdagangan perikanan Indonesia menjadi nomor satu di Asia tenggara, di mana nelayan Indonesia sudah bisa menangkap tuna hingga ukuran 80 kg dalam jarak 1-4 mil.

“Perikanan tangkap naik 11 persen tahun ini. Ikan naik 2 juta ton, sebanyak 20 persen untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Indonesia berusaha mengejar konsumsi level target Jepang dengan ukuran ikan 50 kg tahun ini,” ungkap Susi dalam siaran persnya.

Mendengar pencapaian tersebut, Menlu Taro mengaku terkesan dengan upaya yang dilakukan Susi dalam mempertahankan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia.

Untuk itu, Taro menyatakan Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) siap bekerja sama dengan Indonesia guna melakukan riset untuk proyek pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di enam lokasi.

“Dalam waktu dekat, kami akan mengadakan seminar terkait teknologi yang bisa digunakan untuk mempertahankan sumber daya perikanan dari praktik IUU Fishing. Jepang siap bekerja sama dengan Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas usaha Indonesia memberantas IUU Fishing,” kata Taro.(chi/jpnn)

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close