Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Papua Memanas, Pengunjung Hotel di Jayapura Terjebak, Pecahan Kaca Berserakan

Kamis, 29 Agustus 2019 – 14:25 WIB
Papua Memanas, Pengunjung Hotel di Jayapura Terjebak, Pecahan Kaca Berserakan - JPNN.COM
Aksi massa pendemo di depan SMA Katolik Taruna Dharma Kotaraja yang berjalan menuju kearah Kota Jayapura, Papua, Kamis (29/8). Foto: ANTARA News Papua/Alfian Rumagit

jpnn.com, JAYAPURA - Sejumlah pusat perbelanjaan dan perkantoran di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua tutup karena demontrasi besar-besaran yang dimulai sejak Kamis (29/8) pagi WIT.

Antara melaporkan, Saga dan Mega Abepura tutup, Kantor Distrik Abepura dan BPS Kota Jayapura serta Kanwil Kantor Pos Maluku dan Papua juga tutup. Begitu juga, sejumlah kafe dan hotel.

Diperkirakan sekitar 1.000-an massa menduduki kawasan Lampu Merah Abepura, ada yang membawa bendera motif bintang hitam berlatar merah. Di depan Kantor Samsat Papua terlihat sejumlah ban bekas motor atau mobil dibakar oleh sejumlah warga. 

Yulika, salah satu pengunjung Grand Abe Hotel mengaku terjebak dan tidak bisa kembali ke rumahnya karena demo yang mulai terlihat anarkistis. 
"Kaca Grand Abe Hotel dilempar massa," ungkapnya lewat sambungan telepon seluler.

Sementara itu, Hotel Horison Kotaraja yang baru diresmikan pada Juli lalu oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano tidak luput dari lemparan batu massa pendemo yang berjalan ke arah pusat Kota Jayapura.

Tampak sejumlah pecahan kaca berserakan di lantai satu pintu masuk hotel yang tak jauh dari Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP).

BACA JUGA: Masalah Ini Sudah Sangat Serius, Presiden Jokowi Harus Berhati-hati

Dari atas hotel, terlihat asap hitam membumbung tinggi di arah kantor MRP. Belum bisa dipastikan apakah yang menimbulkan asap hitam itu berasal dari kantor tersebut.

"Harap tenang yah," kata salah satu karyawan Hotel Horison kepada pengunjung yang terlihat panik karena bunyi lemparan benda yang mengenai kaca.

Selain terlihat asap, tampak juga massa pendemo yang berjalan bergerombol dan naik kendaraan roda dua bahkan ada yang membawa bendera bintang kejora. "Semoga situasi ini bisa segera pulih dan aman," ucap Erna, salah satu warga Kotaraja.

Diketahui demo besar-besaran di sejumlah tempat di Papua merupakan imbas dari dugaan aksi rasisme di Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Sementara dari sudut lain, aktivitas jual beli di Pasar Sentral Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura sepi. Lapak sayur, ikan, pakaian dan kelontong tampak sepi penjual dan pembeli. Pada hari biasanya terlihat antrean angkutan umum dan kendaraan roda dua, kini tidak terlihat lagi.

Massa yang berjalan bergerombol dan naik kendaraan roda dua di Jayapura Papua dilaporkan ada yang membawa bendera bintang kejora.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close