Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Pak SBY Ingin Presidential Threshold Nol Persen Saja

Jumat, 19 Mei 2017 – 18:18 WIB
Partai Pak SBY Ingin Presidential Threshold Nol Persen Saja - JPNN.COM
Syarief Hasan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan menyatakan, partainya ingin ambang batas untuk mengusung calon presiden (presidential threshold) dalam UU Pemilu cukup nol persen. Alasannya, hal itu demi membuka peluang bagi munculnya calon presiden alternatif.

Syarief mengatakan, partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menolak usul presidential threshold dengan angka 20 persen. Sebab, harus ada dasar dalam menetapkan angka ambang batas.

"Kalau Demokrat mendukung nol persen. Karena kalau angkanya sekian persen sekian persen itu menebak-nebak. Kan harus ada dasarnya," kata Syarif di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5).

Mantan menteri koperasi itu menegaskan, angka-angka yang diusulkan itu bukan persoalan untuk mencari jalan tengah dari perdebatan usulan nol persen dan 20 persen. "Tetapi harus ada dasarnya, iya kan?" kata Syarif.

Menurut Syarif, di Undang-undang Dasar 1945 hanya menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden diusung oleh partai atau gabungan partai. Namun, UUD tidak menyebut angka presidensial treshold.

Sedangkan nol persen, katanya, bisa memunculkan capres alternatif. "Bisa, jadi Demokrat nol persen saja lah," katanya.(boy/jpnn)

 

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan menyatakan, partainya ingin ambang batas untuk mengusung calon presiden (presidential threshold)

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close