Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Ulama Syiah Kuasai Irak, Kabar Buruk untuk Amerika

Selasa, 12 Oktober 2021 – 23:38 WIB
Partai Ulama Syiah Kuasai Irak, Kabar Buruk untuk Amerika - JPNN.COM
Seorang wanita memindai jarinya untuk memverifikasi identitas sebelum memberikan suara dalam pemilihan parlemen di Karbala, Irak, Minggu (10/10/2021). Foto: ANTARA/Reuters/as

jpnn.com, BAGHDAD - Partai pimpinan ulama Syiah, Moqtada al-Sadr menjadi pemenang terbesar dalam pemilihan umum Irak yang berlangsung pada Minggu (10/10).

Berdasarkan hasil awal dari beberapa provinsi ditambah ibu kota Baghdad, partai al-Sadr memenangkan lebih dari 70 kursi.

Hasil itu dapat memberinya pengaruh yang cukup besar dalam membentuk pemerintahan.

Dalam pidato kemenangan yang disiarkan televisi setempat, Sadr menjanjikan pemerintahan nasionalis yang bebas dari campur tangan pihak asing.

"Kami menyambut semua kedutaan asing yang tidak ikut campur dalam urusan internal Irak," katanya.

Ia menambahkan bahwa perayaan akan berlangsung di jalan-jalan "tanpa senjata".

Pemilihan pada Minggu diadakan beberapa bulan lebih awal, sebagai tanggapan atas protes massa pada 2019 yang menggulingkan pemerintah.

Jumlah pemilih yang rendah menunjukkan bahwa pemungutan suara tidak akan banyak membantu untuk menggulingkan partai-partai sektarian yang berkuasa sejak 2003.

Hasil pemilu Irak yang menunjukkan kemenangan besar bagi partai yang dipimpin ulama Syiah, Moqtada al-Sadr, jadi kabar buruk bagi Amerika Serikat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close