Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasien Koma Bicara lewat Pikiran

Jumat, 16 November 2012 – 00:46 WIB
Pasien Koma Bicara lewat Pikiran - JPNN.COM
LONDON - Sebuah keajaiban medis dialami seorang pria yang berada dalam kondisi tak sadarkan diri atau koma selama satu dekade lebih. Scott Routley, 39, akhirnya sadar dan mengatakan kondisinya. Padahal, Routley yang koma akibat mengalami kerusakan otak parah setelah terlibat kecelakaan mobil itu telah kehilangan kesadarannya atau berada dalam kondisi vegetatif selama 12 tahun.

 

Dalam kondisinya tersebut, Routley justru mampu diajak untuk berkomunikasi dengan kekuatan pikiran. Pria asal Ontario, Kanada, itu pun bertutur kepada tim dokter bahwa dirinya tidak merasakan sakit apapun.

Routley adalah salah seorang di antara beberapa pasien koma yang dirawat dengan menggunakan sebuah teknik perintis. Teknik yang dikembangkan peneliti di Cambridge University, Inggris, tersebut menggunakan pemindaian pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI).

Kasus Routley merupakan kasus pertama seorang pasien koma bisa menjawab pertanyaan terkait dengan perawatan terhadap dirinya. Hal ini mengindikasikan bahwa si pasien menyadari kondisinya. Itu juga punya makna bahwa sang pasien mampu diajak komunikasi lewat cara yang dapat membantu dokter untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas hidupnya.

LONDON - Sebuah keajaiban medis dialami seorang pria yang berada dalam kondisi tak sadarkan diri atau koma selama satu dekade lebih. Scott Routley,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA