Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasukan TNI dari 3 Matra Masuk ke Lapangan di Istana Merdeka, Pak Jokowi Pantau dari Kejauhan

Kamis, 13 Agustus 2020 – 18:58 WIB
Pasukan TNI dari 3 Matra Masuk ke Lapangan di Istana Merdeka, Pak Jokowi Pantau dari Kejauhan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo menyaksikan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh pemerintah untuk menggelar Upacara Kemerdekaan RI di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Kali ini, panitia menggelar geladi kotor peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8).

Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung geladi kotor tersebut. Terlihat penyelenggaraannya disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu memakai masker dan pelindung wajah. Dia tampak menyaksikan geladi kotor tersebut dari awal hingga akhir yang melibatkan Paskibraka dan pasukan dari TNI maupun Polri.

Prosesi geladi tersebut dimulai dengan masuknya pasukan berjumlah 20 orang dari matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, dan Kepolisian RI ke lapangan upacara untuk kemudian diikuti oleh perangkat upacara lainnya secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Presiden, ibu negara, wakil presiden, dan istrinya disimulasikan memasuki tempat upacara setelahnya sebelum dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditandai dengan tembakan dentuman meriam. 

Dalam upacara pada 17 Agustus 2020 nanti Ketua MPR Bambang Soesatyo akan membacakan naskah teks proklamasi. Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi akan memimpin pembacaan doa.

Prosesi geladi tersebut kemudian dilanjutkan dengan simulasi pengibaran Sang Merah Putih hingga selesainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Prosesi geladi Upacara Kemerdekaan RI dimulai dengan masuknya pasukan dari matra TNI disaksikan Presiden Joko Widodo di lapangan Istana Merdeka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close