Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasuruan Tertibkan Arah Kiblat

Senin, 07 Juni 2010 – 13:38 WIB
Pasuruan Tertibkan Arah Kiblat - JPNN.COM

BANGIL - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan baru-baru ini melakukan koordinasi dan sosialisasi tentang arah kiblat di beberapa masjid. Lalu dilanjut dengan pengukuran oleh tim Kemenag Jatim dan daerah bersama badan hisab dan rukyat (BHR). Ada sebelas masjid besar di Kabupaten Pasuruan diukur. Hasilnya, tim mencatat ada pergeseran sekitar 0,1 sampai 8 derajat dari arah kiblat.

Kasi Urusan Agama Islam (Urais) Kemenag Kabupaten Pasuruan Munif Armuza mengakui hal itu. Munif menceritakan, iktikad untuk menertibkan arah masjid/musalla itu sesuai dengan ainul ka`bah (kiblat yang mendekati kenyataan).

"Sebenarnya kami hanya meneruskan kebijakan dari Kemenag Pusat. Dan sesuai dengan kajian dan telaah, ditengarai karena gempa terjadi beberapa kali, maka terjadi pergeseran dari lempengan bumi. Ini berpengaruh pada arah kiblat," ujar Munif.

Munif menceritakan pada awal Januari 2010 lalu ada seminar di UII Jogjakarta. Dari hasil kajian itu kemudian dibentuk tim yang melibatkan Depag, pakar geofisika, kementerian dan unsur ormas Islam.

BANGIL - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan baru-baru ini melakukan koordinasi dan sosialisasi tentang arah kiblat di beberapa masjid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close