Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Patrialis: Peradilan Masyarakat Adat Bisa Bantu Negara Selesaikan Masalah

Senin, 21 Desember 2015 – 03:00 WIB
Patrialis: Peradilan Masyarakat Adat Bisa Bantu Negara Selesaikan Masalah - JPNN.COM
Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar mengatakan sistem peradilan masyarakat adat di Minangkabau bisa membantu negara dalam menyelesaikan berbagai masalah.

“Memahami filosofi adat Minangkabau, pranata dan perangkat susunan tokoh-tokoh adat di Minangkabau, sangat memungkinkan bisa menyelesaikan berbagai masalah,” kata Patrialis Akbar di sela-sela Peringatan 26 Tahun Gebu Minang di Jakarta, Minggu (20/12).

Menurut Patrialis, sebelum sistem peradilan masyarakat adat di Minangkabau itu diberlakukan harus terlebih dahulu diakui dalam bentuk Undang-Undang khusus. “Negara harus memfasilitasi bentuk keberadaan hukum adat,” tegasnya.

Dalam kasus tertentu, menurut Patrialis, pemberian sanksi kepada masyarakat dengan mengutamakan hukuman alternatif justru lebih mendidik. Karena itu, dia menyambut baik inisiatif Gebu Minang pada peringatan HUT ke-26 tahun mewacanakan sistem peradilan masyarakat adat.

“Sebab dalam kenyataannya memang masyarakat adat itu ada dan harus diperlakukan secara khusus,” katanya.(fas/jpnn)

JAKARTA – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar mengatakan sistem peradilan masyarakat adat di Minangkabau bisa membantu negara dalam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close