Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Paus Francis Tunjuk 20 Kardinal Baru Termasuk dari Myanmar dan Vietnam

Senin, 05 Januari 2015 – 12:31 WIB
Paus Francis Tunjuk 20 Kardinal Baru Termasuk dari Myanmar dan Vietnam - JPNN.COM

Paus Francis telah mengangkat 20 kardinal baru yang masuk ke dalam kelompok hirarki Katolik Roma. Penunjukkan terbaru ini diwarnai nama-nama pemimpin gereja dari sejumlah negara berkembang.

Lima belas kardinal baru juga berusia di bawah 80 tahun, ini artinya mereka berhak untuk bergabung dengan konklaf yang memilih Paus berikutnya.

Nama-nama tersebut mencakup Uskup Soane Patita Paini Mafi dari Tonga, Polinesia; dan Uskup Agung Charles Maung Bo dari Myanmar.

Paus Francis Tunjuk 20 Kardinal Baru Termasuk dari Myanmar dan Vietnam

Uskup Soane mengatakan, hal ini merupakan prestasi membanggakan, untuk bisa terpilih dari sebuah gereja kecil di Pasifik.

"Di satu sisi, itu bukan hanya untuk Tonga, tapi juga untuk Oceania. Senang bisa melihat perkembangan seperti ini dari Vatikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, "Ada dua dari kami - ada John Dew dari Keuskupan Agung Wellington yang juga ditunjuk - sehingga kami berdua akan menjadi penyeimbang untuk mewakili gereja-gereja di sini."

Uskup Agung Thailand, Francis Xavier Kriengsak Kovithavanij, dan Uskup asal Vietnam, Pierre Nguyen Van Nhon, juga ada di antara para kardinal baru yang ditunjuk Paus.

Paus Francis telah mengangkat 20 kardinal baru yang masuk ke dalam kelompok hirarki Katolik Roma. Penunjukkan terbaru ini diwarnai nama-nama pemimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA