Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Paus Fransiskus Bakal Berkunjung ke Indonesia, Ketua PBNU Angkat Suara

Jumat, 30 Agustus 2024 – 14:28 WIB
Paus Fransiskus Bakal Berkunjung ke Indonesia, Ketua PBNU Angkat Suara - JPNN.COM
Ketua PBNU Ulil Abshar Abdalla soal kunjungan Paus Fransiskus. (ANTARA/Asep Firmansyah)

jpnn.com, JAKARTA - Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada awal September 2024. Kabar kedatangannya disambut antusias oleh berbagai kalangan. 

Tidak hanya umat Katolik, tetapi juga tokoh-tokoh agama lainnya, termasuk Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), yang menilai kunjungan itu sebagai momen penting untuk menguatkan nilai-nilai toleransi dan moderasi beragama di Indonesia.

Ketua PBNU Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil), menegaskan bahwa kedatangan Paus Fransiskus membawa angin segar bagi dialog antarumat beragama.

"Kunjungan ini akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang mampu merawat keberagaman dan mengedepankan dialog antarumat beragama," ujar Gus Ulil, Jumat (30/8). 

Dia menambahkan kunjungan Paus Fransiskus adalah bukti nyata bahwa toleransi dan moderasi beragama makin mengakar di Indonesia.

Itu hasil dari proses panjang yang kini membawa kita pada titik di mana dunia melihat Indonesia sebagai teladan dalam merawat keberagaman. 

Gus Ulil juga menyoroti pentingnya memanfaatkan momen kedatangan Paus Fransiskus untuk memperkuat dialog antaragama, mengingat Indonesia baru-baru ini juga menerima kunjungan Grand Syekh Al-Azhar, Syekh Ahmed El-Tayeb. 

Momen itu merupakan kesempatan langka di mana dua tokoh besar agama dunia mengunjungi Indonesia dalam waktu yang berdekatan, menunjukkan bahwa Indonesia adalah pusat penting bagi upaya perdamaian dan persaudaraan global. 

Rencana kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia mendapat respons dari tokoh-tokoh agama, salah satunya Ketua PBNU 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA